Harga gas telah jatuh sekarang selama 80 hari berturut-turut, yang tentunya merupakan kabar baik
Detroid (ANTARA) - Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan penurunan harga bensin dapat memberikan tekanan lebih lanjut pada inflasi harga konsumen utama untuk Agustus, tetapi ada banyak ketidakpastian atas prospek inflasi karena perang Rusia di Ukraina dan pasokan energi.

Berbicara kepada wartawan di Detroit, pada Kamis (8/9/2022), Yellen mengatakan dia juga prihatin dengan prospek global karena krisis energi akut di Eropa.

"Harga gas telah jatuh sekarang selama 80 hari berturut-turut, yang tentunya merupakan kabar baik," kata Yellen. "Dan itu menyebabkan inflasi utama benar-benar masuk ke wilayah negatif pada Juli dan saya pikir akan ada beberapa dorongan lebih lanjut dalam laporan berikutnya - harga gas terus turun."

Departemen Perdagangan akan melaporkan Inflasi Harga Konsumen (IHK) untuk Agustus pada 13 September.

Tapi Yellen menolak untuk berspekulasi tentang prospek inflasi jangka panjang, mengutip ketidakpastian atas perang Rusia melawan Ukraina tetapi mengatakan Federal Reserve (Fed) mengambil tindakan "dan akan melakukan apa yang diperlukan untuk mengendalikan inflasi."

Yellen menyatakan keprihatinan atas prospek global akibat krisis energi dan ekonomi yang semakin dalam di Eropa dan mengatakan Amerika Serikat mengambil tindakan untuk meningkatkan pasokan gas alam cair ke Eropa.

Baca juga: Bank Sentral Eropa naikkan bunga 75 basis poin, demi perangi inflasi

Dia mengatakan penting bahwa Eropa mencoba untuk melepaskan diri dari energi Rusia, tetapi energi adalah masalah jangka panjang bagi benua itu.

"Kami melakukan semua yang kami bisa di bidang LNG untuk membantu. Dan, tentu saja, kami terus berkoordinasi mengenai batas harga yang berkaitan dengan minyak (Rusia), yang menurut saya juga dapat membantu."

Ditanya apakah Pemerintahan Biden masih mempertimbangkan untuk menghapus beberapa tarif impor China sebagai cara untuk menurunkan biaya, Yellen mengatakan bahwa Presiden Joe Biden masih mempertimbangkan masalah tersebut.

"Dia ingin memastikan bahwa apa yang dia putuskan baik untuk pekerja Amerika," kata Yellen, menambahkan bahwa penting secara ekonomi untuk mengambil sikap keras terhadap praktik non-pasar China.

"China benar-benar bersalah atas praktik perdagangan yang tidak adil. Kita semua telah menyetujui itu. Dan dia benar-benar ingin mempertimbangkannya dengan hati-hati. Saya tidak punya jadwal untuk itu," jelasnya.

Baca juga: Harga minyak bangkit dari terendah, saat Rusia ancam setop ekspor
Baca juga: Harga emas berbalik turun 7,60 dolar, setelah pernyataan Ketua The Fed

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022