Jakarta (ANTARA) - Perusahaan transportasi daring Grab Indonesia mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Menteri G20 tentang Pemberdayaan Perempuan (Ministerial Conference on Women’s Empowerment/G20 MCWE) yang berlangsung pada 24-25 Agustus lalu.

Grab menjadi mitra resmi transportasi listrik dengan memfasilitasi 15 GrabCar Electric untuk digunakan para delegasi, termasuk digunakan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga.

Baca juga: PEVS 2022 tampilkan deretan kendaraan resmi KTT G20

Co-head of EU Delegation, G20 Women20, Director, Digital Leadership Institute, Cheryl Miller Van Dÿck berbagi pengalaman usai merasakan GrabCar Electric yang dioperasikan oleh mitra pengemudi Grab. Ia mengaku senang karena mengetahui bahwa acara ini menyediakan armada kendaraan listrik yang dapat digunakan bagi para delegasi.

“Kehadiran armada kendaraan listrik ini merupakan salah satu langkah kecil untuk mengurangi jejak emisi karbon, dan senang rasanya dalam acara ini kita berkesempatan untuk menunjukkan kesadaran diri terhadap bumi,” katanya melalui siaran pers, Senin (29/8).

Pada kesempatan yang sama, Grab juga memperkenalkan mitra perempuan Grab yang telah turut memanfaatkan digitalisasi untuk menyeimbangkan peranannya sebagai ibu rumah tangga dan juga pencari nafkah utama, salah satunya ibu Yulis yang merupakan mitra pengemudi GrabBike Electric.

“Dibanding pekerjaan sebelumnya sebagai Asisten Rumah Tangga (ART), saya mendapatkan pemasukan tiga kali lebih banyak dengan bergabung menjadi mitra GrabBike Electric di Bali,” kata Yulis.

Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan pemberdayaan perempuan dan juga kelestarian lingkungan merupakan dua fokus utama dari misi GrabForGood.

Berlandaskan misi tersebut, kata Neneng, Grab telah memiliki program-program pro-perempuan yang sejalan dengan tiga fokus utama yang diangkat di G20 MCWE.

“Satu hal yang kita pelajari selama pandemi berlangsung adalah daya juang perempuan yang begitu luar biasa, terlihat dari pertumbuhan signifikan jumlah mitra perempuan di Grab yang tumbuh signifikan di tahun 2021, termasuk di timur Indonesia,” katanya.

Neneng mengatakan pihaknya juga percaya perempuan akan memberikan efek positif bagi keluarga dan masyarakat sehingga dapat turut mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Baca juga: Grab dan OVO perkenalkan portal informasi digital untuk UMKM

Baca juga: Toyota kerahkan 143 mobil listrik Lexus UX-300e dukung KTT G20

Baca juga: PLN ajak masyarakat jajal kendaraan listrik secara gratis


 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022