Jakarta (ANTARA) - Setelah membuat skema penamaan baru, Qualcomm telah meluncurkan setidaknya tiga chip baru yang dibuat berdasarkan proses manufaktur 4 nm yaitu Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8+ Gen 1, dan Snapdragon 7 Gen 1.

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 1+ dirumorkan diluncurkan pekan depan

Terbaru kabar datang dari pembocor teknologi Evan Blass yang membocorkan spesifikasi dari chipset keempat mereka yakni Snapdragon 6 Gen 1.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu, Evan mengungkap lembaran spesifikasi tentang SoC Snapdragon 6 Gen 1 yang secara umum memberitahu bahwa chip itu telah mendukung konektivitas dengan jaringan 5G serta mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge.

Lebih lanjut dalam lembar fakta yang dibocorkan itu, Snapdragon 6 Gen 1 disebut terdiri dari CPU Kryo dengan clock hingga 2.2GHz namun tidak diketahui berapa jumlah core yang ada di chip ini.

Selain itu, chip ini dapat mendukung tampilan hingga resolusi FullHD+ dan kecepatan refresh layar 120Hz dan memungkinkan penggunanya mengambil gambar dengan kamera 108MP.

Smartphone yang ditenagai oleh Snapdragon 6 Gen 1 juga akan dapat merekam video 4K HDR pada 30 FPS dan video slow-mo pada 240 FPS.

Belum ada kabar dari Qualcomm tentang Snapdragon 6 Gen 1, tetapi kita mungkin melihatnya resmi bersama dengan chip unggulan Snapdragon 8 Gen 2 di Snapdragon Summit tahun ini.

Adapun acara tersebut akan diselenggarakan di Hawaii antara 15-17 November 2022.

Akan tetapi bisa saja Qualcomm mengenalkan Snapdragon 6 Gen 1 lebih dahulu sebelum Snapdragon 8 Gen 2.

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 1+ diramalkan tertunda

Baca juga: Ponsel dengan chipset Snapdragon 8 gen 1+ dikabarkan rilis Juni 2022

Baca juga: Menkominfo jajaki teknologi Qualcomm untuk new smart metropolis IKN

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022