Houston (ANTARA) - Input kilang minyak mentah AS rata-rata mencapai 16,3 juta barel per hari (bph) selama pekan yang berakhir 19 Agustus, 168.000 barel per hari lebih rendah dari rata-rata minggu sebelumnya, laporan mingguan yang dikeluarkan oleh Badan Informasi Energi AS (EIA) menunjukkan pada Rabu (24/8/2022).

Kilang beroperasi pada 93,8 persen dari kapasitas operasi mereka minggu lalu, kata laporan data minyak mingguan.

Selama periode yang sama, produksi bensin bergerak turun dan produksi bahan bakar distilat meningkat, rata-rata masing-masing 9,4 juta barel per hari dan 5,2 juta barel per hari.

Persediaan minyak mentah komersial AS, tidak termasuk dalam Cadangan Minyak Strategis (SPR), merosot 3,3 juta barel dari minggu sebelumnya menjadi 421,7 juta barel, sekitar 6,0 persen di bawah rata-rata lima tahun untuk tahun ini.

Total persediaan bensin motor hampir tidak berubah dari minggu sebelumnya, sekitar 7,0 persen di bawah rata-rata lima tahun untuk tahun ini. Persediaan bensin jadi meningkat tetapi persediaan komponen campuran menurun minggu lalu.

Persediaan bahan bakar distilasi turun 0,7 juta barel pekan lalu, sekitar 24 persen di bawah rata-rata lima tahun untuk tahun ini.

Persediaan propana/propilena hampir tidak berubah dari minggu sebelumnya, sekitar 11 persen di bawah rata-rata lima tahun untuk 2022.

Total persediaan minyak bumi komersial melonjak 1,4 juta barel pekan lalu. Total produk yang dipasok selama periode empat minggu terakhir rata-rata 20,0 juta barel per hari, turun 4,7 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Selama empat minggu terakhir, produk bensin motor yang dipasok rata-rata 8,9 juta barel per hari, merosot 7,0 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Produk bahan bakar sulingan yang dipasok rata-rata mencapai 3,9 juta barel per hari selama empat minggu terakhir, turun 2,3 persen dari periode yang sama tahun lalu. Produk bahan bakar jet yang dipasok naik 7,3 persen dibandingkan dengan periode empat minggu yang sama tahun lalu.

Baca juga: Harga minyak Asia turun tipis, kekhawatiran produksi OPEC+ turun reda

Baca juga: Pasokan minyak mentah AS turun, data minyak lainnya beragam

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022