Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor America dan Kia America menarik lebih dari 280.000 mobil yang dijual di Amerika Utara karena potensi risiko kebakaran, demikian kata Departemen Transportasi AS.

Dikutip Yonhap, Kamis, penarikan tersebut melibatkan 245.030 unit kendaraan sport Hyundai Palisade tahun model 2020-2022 dan 36.417 SUV Kia Telluride tahun model 2020-2022.

"Kaitan derek aksesori yang dijual melalui dealer dapat menyebabkan kelembaban masuk ke modul harness, menyebabkan korsleting. Dalam beberapa kasus, korsleting listrik dapat menyebabkan kebakaran kendaraan saat mengemudi atau saat diparkir dan dimatikan," kata departemen itu tentang alasan penarikan kembali.

Tidak ada kebakaran, kecelakaan, atau cedera yang terkait dengan masalah yang dilaporkan di AS, tambahnya.

Departemen mengatakan pembuat mobil masih mengembangkan perbaikan untuk penarikan, dan pemilik kendaraan yang terkena dampak disarankan untuk memarkir mobil mereka di luar dan jauh dari rumah dan bangunan lain sampai mobil mereka diperbaiki.

"Ketika perbaikan tersedia, semua pemilik kendaraan yang berpotensi dilengkapi dengan kabel kaitan trailer yang terkena dampak akan diberitahu melalui surat dengan instruksi untuk membawa kendaraan mereka ke dealer Hyundai atau Kia," katanya.


Baca juga: Korea Selatan khawatir soal UU baru soal insentif pajak EV di AS

Baca juga: Stargazer dominasi penjualan Hyundai di GIIAS 2022

Baca juga: Hyundai akan bangun pusat penelitian kecerdasan buatan di AS
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022