Jakarta (ANTARA) - Film "Top Gun: Maverick" pada akhir pekan ke-13 telah berhasil melampaui angka 1,4 miliar dolar Amerika atau setara Rp20,7 triliun di seluruh dunia, dikutip Deadline pada Senin.

Berdasarkan capaian tersebut, maka film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini memenuhi syarat sebagai film terlaris kesembilan sepanjang masa di dunia.

Angka yang diraih oleh "Top Gun: Maverick" ini cukup mengejutkan, terutama lantaran film tersebut tidak diputar di China atau Rusia.

Baca juga: "Top Gun: Maverick" catat pendapatan terbaik ketiga setelah "Avengers"

Rincian hingga hari ini, "Top Gun: Maverick" mendapat 683,4 juta dolar atau Rp10,1 triliun di dalam negeri, melampaui angka "Avengers: Infinity Wars" yang berada di urutan keenam sebagai film terlaris sepanjang masa.

Untuk penghasilan luar negeri "Top Gun: Maverick" memperoleh 720 juta dolar atau Rp10,6 triliun.

"Top Gun: Maverick" akan tayang secara digital pekan ini, namun hanya untuk pembelian eksklusif. Film tersebut juga hadir dalam format 4K Ultra HD, Blu-ray dan DVD pada 1 November, tapi masih tetap dapat dinikmati di bioskop.

Di luar negeri, fenomena Tom Cruise menambahkan 8,7 juta dolar atau Rp129 miliar di 63 pasar. Selama 13 minggu penayangannya, film yang disutradarai oleh Joseph Kosinski ini tiketnya habis terjual.

"Top Gun: Maverick" adalah film terbesar Cruise sepanjang masa. Bagi Paramount, ini adalah gelar live-action terbesar di 37 pasar luar negeri termasuk Inggris, Australia, Brasil, Prancis, Jerman, Jepang, Korea, dan Arab Saudi.

Baca juga: "Top Gun: Maverick" kuasai lagi box office Amerika di pekan kedua

Baca juga: "Top Gun: Maverick" capai 1 juta penonton sejak 4 hari rilis di Korea

Baca juga: Tom Cruise promosikan film "Top Gun: Maverick" di Korea

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022