Jakarta (ANTARA) - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI)  di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat, menggelar perayaan empat dekade hadirnya Hino di pasar komersial Indonesia.

After Sales Director PT Hino Motors Sales Indonesia Irwan Supriyono mengatakan bahwa hadirnya Hino di Indonesia, sudah memiliki sejarah tersendiri berkat berbagai kendaraan komersial yang sudah akrab dengan pengusaha industri di Indonesia.

Baca juga: Hino bawa truk listrik hingga kendaraan Euro4 terbaru di GIIAS 2022

"Tantangan berat, kerap menghampiri yang membuat Hino terus teruji yang kini berhasil menjadi market leader medium duty truck di Indonesia selama 22 tahun terakhir," ungkap Irwan Supriyono pada saat bincang bersama dengan media di ICE BSD, Tangerang Selatan, Jumat.

Dalam hal ini, pihaknya memiliki komitmen untuk terus mengembangkan dan berinovasi untuk menghadirkan kendaraan yang tepat sesuai dengan segmentasi bisnis para pengusaha di Indonesia, atau kami menyebutnya best fit product.

"Pencapaian Hino di Tanah Air yang mampu memimpin pasar medium duty truck, karena Hino terbukti tangguh dan meningkatkan keuntungan di tangan," kata dia.

Menurut dia, semenjak Hino hadir di Indonesia pada tahun 1990 untuk pertama kalinya menjajaki pasar komersial di Indonesia, kendaraan komersial yang paling legenda adalah Hino Seri FM Dump yang mendapatkan respon yang cukup baik hingga saat ini.

Baca juga: Hino diperintahkan "recall" 20.900 kendaraan karena penipuan data

"Yang jelas, kendaraan paling legendaris itu adalah seri FM Dump itu cukup tinggi market share," kata dia.

Sebagai informasi tambahan, Hino pertama kali hadir di Tanah Air pada tahun 1967 atau 55 tahun lalu, dimana 150-unit Hino Bus BT51 dikirim oleh Pemerintah Jepang untuk bantuan kepada Pemerintah Indonesia.

Barulah pada tahun 1982 didirikan perusahaan PT Hino Indonesia Manufacturing (HIM) dimana ini yang menjadi awal catatan sejarah 40 tahun Hino Indonesia. Mesin H07C-D4 menjadi mesin hasil produksi pertama Hino Indonesia Manufacturing di tahun 1985.

Baca juga: Hino Finance Indonesia terbitkan obligasi Rp700 miliar

Setelahnya Hino truk FF 172/173 LA mulai diluncurkan di tahun yang sama dan satu tahun berikutnya, menyusul Hino Bus AK yang bermesin depan diluncurkan di 1986 yang kemudian menjadi penguasa di kategorinya.

Untuk 2022, Hino mengukuhkan sebagai brand kendaraan komersial pertama di Indonesia yang meluncurkan kendaraan dengan standar emisi Euro4 di bulan Maret 2022.

Total ada 60 model Hino Euro4 yang diluncurkan sejak Maret hingga yang terbaru di GIIAS 2022 ini yaitu, Hino Ranger FMX 280 TH, Hino Ranger FLX 280 JW (8X2), Hino Ranger FLE 260 JW (6x2), Hino Ranger FG 260 JU, dan Hino Dutro 136 HDX 5.8 Plantation.

Baca juga: Hino nilai kebijakan mudik jadi angin segar industri bus

Baca juga: Hino siapkan layanan darurat di libur Lebaran dan luncurkan MyHino

Baca juga: Isuzu minimalkan perubahan komponen mesin berstandar Euro 4
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022