Tangerang (ANTARA) - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berkolaborasi dengan Plana, sebuah wirausaha sosial yang fokus di proses daur ulang plastik dan gabah kayu yang kemudian diubah menjadi material bangunan yang ramah lingkungan seperti kayu dan bata.

Bentuk sinergi ini diwujudkan dengan menghadirkan Sustainability Area di Booth Hyundai di GIIAS 2022, Hall 1A, ICE BSD City.

"Sejak awal perjalanan kami di Indonesia, kami selalu berusaha memberikan dampak positif bagi masa depan keberlanjutan, melalui jajaran EV kami, hingga kolaborasi dengan pemangku kepentingan yang secara bersama-sama berkomitmen terhadap keberlanjutan. Kini, kami berkolaborasi dengan Plana pada kesempatan ini," kata Head of Marketing PT Hyundai Motors Indonesia Astrid A. Wijana dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: Hyundai Motor Group raih 1 juta penjualan mobil ramah lingkungan

Baca juga: Hyundai Indonesia sambut Piala Dunia Qatar lewat "Goal of The Century"


Lebih lanjut, Sustainability Area ini dibangun dari Planawood, material dari teknologi daur ulang terbaru dan ramah lingkungan oleh Plana.

Dengan area seluas 45m2, area ini telah mengurangi lebih dari 400 ton limbah plastik, menyelamatkan lebih dari 280.000 pohon, memanfaatkan lebih dari 880 ton gabah padi, serta membantu lebih dari 100 petani lokal. Material yang digunakan di area ini nantinya tetap dapat kembali digunakan dan didaur ulang untuk dijadikan produk Planawood baru lagi.

"Kami ingin dengan adanya kolaborasi ini semakin banyak masyarakat yang terdampak dan tergugah untuk sama-sama memiliki keinginan yang kuat akan gaya hidup berkelanjutan," kata Co-Founder Plana Juan A. Chandra.

Sustainability Area menyediakan workshop untuk berbagai kegiatan yang dapat diikuti selama periode GIIAS 2022.

Workshop tersebut antara lain adalah Hyundai X HomLab, workshop pembuatan lilin dengan bahan dasar soy wax dan wadah lilin yang terbuat dari cangkang telur bekas.

Terdapat pula pembuatan beberapa barang menggunakan bubur kertas, kerja sama antara Hyundai X Klontong Disko.

Terakhir, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman menghias kain menggunakan warna dari bahan alami seperti daun dan bunga dengan adanya kolaborasi antara Hyundai X Kriya.

Pengunjung yang tertarik mengikuti workshop harus memiliki poin di aplikasi myHyundai dan menukarkannya di Sustainability Area.

Baca juga: Hyundai Andalan gelar "Stargazer Weekend" dengan promo serupa GIIAS

Baca juga: Hyundai Pluit jamin Stargazer "ready stock"

Baca juga: Hyundai akan bangun pusat penelitian kecerdasan buatan di AS
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022