Tangerang (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto mengapresiasi kehadiran berbagai jenis kendaraan listrik (electric vehicle/EV) pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Tangerang Selatan, Kamis.

"Saya kira mobil listrik (EV) relatif lebih banyak kali ini dibandingkan pameran-pameran GIIAS sebelumnya. Saya apresiasi, selamat,” kata Menko Airlangga saat membuka pameran otomotif yang berlangsung 10 hari mulai hari ini hingga 21 Agustus 2022.

Lebih lanjut, ia mengatakan pemerintah melalui berbagai regulasi dan insentif hadir untuk mendorong kehadiran kendaraan listrik agar lebih familier oleh masyarakat Indonesia.

“Pemerintah sudah keluarkan insentif lewat PP No 74 tahun 2021 dan PP No. 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah,” jelas Menko Airlangga.

Menurut Airlangga, kebijakan-kebijakan dan subsidi pemerintah tersebut juga diharapkan dapat membuat harga EV menjadi lebih bersaing dengan mobil konvensional.

“Selain itu, PLN juga didorong untuk membuat ekosistem charging station sehingga masyarakat lebih mudah untuk memilih EV yang saat ini mulai bisa bersaing di range Rp200-300 juta. Ini menjadi bahan pertimbangan,” imbuhnya.

Di sisi lain, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi berharap pameran GIIAS yang ke-29 ini bisa menjadi momentum kebangkitan dan cerahnya masa depan industri otomotif nasional.

"Kami meyakini masa depan otomotif bisa makin cerah," kata Nangoi.

Sementara itu, GIIAS 2022 diselenggarakan di Indonesia Convention Centre (ICE) di BSD City, Tangerang Selatan.

Kemudian dilanjutkan dengan penyelenggaraan GIIAS Surabaya pada 14 – 18 September 2022 di Grand City Convex, lalu GIIAS Medan pada 5 – 9 Oktober 2022 di Santika Premier Hotel and Convention, serta GIIAS Makassar pada 16 – 20 November 2022 di Celebes Convention Center.

Baca juga: GIIAS hadirkan ragam informasi hingga "test track" untuk EV

Baca juga: Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A beroperasi gratis sambut GIIAS 2022

Baca juga: HEV hingga BEV, Toyota bawa teknologi elektrifikasi lengkap ke GIIAS

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022