Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Jakarta Pusat menggelar bursa kerja (jobfair) di pusat perbelanjaan Thamrin City dengan menawarkan lebih 7.000 lowongan kerja.

Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Pusat Sudrajat mengatakan, bursa kerja dibuka selama dua hari, yakni 8-9 Agustus 2022 di Lantai 3 Mal Thamrin City.

"Total sebanyak 7.086 lowongan pekerjaan tersedia dan sekitar 9.000 pelamar telah mengajukan surat lamarannya secara 'online'," kata Sudrajat saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Bursa kerja di Jakarta Pusat ini diikuti oleh sekitar 40 perusahaan, seperti J Trust Bank, Adira Finance, Honda, Agro Boga Utama hingga OTO Group.

Sudrajat menjelaskan, penyelenggaraan bursa kerja 2022 ini untuk mengimbangi kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan pencari kerja.

Baca juga: Setelah Jakbar, Pemkot Jakpus gelar bursa kerja di Thamrin City

Selain itu, bursa kerja ini juga untuk memfasilitasi pencari kerja yang sering terkendala informasi tentang lowongan pekerjaan dan menyesuaikan kualifikasi pekerja dengan kebutuhan perusahaan.

"Jumlah pencari kerja setiap tahun semakin meningkat, sedangkan jumlah lowongan kerja yang tersedia sangat sedikit sehingga terjadi kesenjangan dalam proses penempatan tenaga kerja," kata dia.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Pusat, Ferizan Bakwan Ginting mengajak warga Jakarta Pusat yang sedang mencari lowongan kerja dapat memanfaatkan bursa kerja ini untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki.

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menggelar bursa kerja sebanyak tiga kali tahun ini sehingga pencari kerja bisa memanfaatkan kesempatan berikutnya.

"Kegiatan ini digelar sebanyak tiga kali. Bagi warga Jakarta Pusat yang belum beruntung bisa memanfaatkan pada kegiatan serupa yang akan digelar beberapa waktu ke depan," kata dia.

Baca juga: Ratusan pencari kerja padati bursa kerja di Season City Jakbar

Salah satu pencari kerja, Dwi Putri sudah datang sejak pagi untuk menyerahkan surat lamaran kerja di sejumlah perusahaan yang ikut dalam kegiatan di Thamrin City ini.

"Saya mengetahui adanya bursa kerja yang digelar hari ini melalui instagram Dinakerstransgi DKI Jakarta. Semoga dipanggil sesuai keahlian yang saya miliki," kata dia.

Kegiatan ini merupakan rangkaian bursa kerja yang diselenggarakan Dinas Nakertransgi DKI Jakarta. Sebelumnya digelar di Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Adapun warga yang ingin mencari lowongan kerja dapat mendaftarkan diri melalui nomor Whatsapp yang diunggah ke akun instagram @festivalnyarikerja.

Bursa kerja tersebut digelar secara gratis tanpa dipungut biaya. Semua pencari kerja juga berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dengan minimal pendidikan terakhir SMA/sederajat.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022