Davos, Swiss, (ANTARA News) - Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan "walk out" dari Forum Ekonomi Dunia setelah adu mulut dengan  Presiden Israel Shimon Peres mengenai konflik Gaza.

Seperti dilaporkan AFP, Erdogan "walk out" di depan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan peserta lain karena protes komentarnya soal Gaza diperpendek.

"Saya berpikiran tidak akan datang lagi ke Davos setelah kejadian ini karena Anda tidak membolehkan saya berbicara," kata perdana menteri itu sambil keluar. Namun, pada Kamis malam dia mengatakan akan mempertimbangkan kembali hal tersebut.

Erdogan mengkritik hadirin yang terdiri dari pejabat  internasional maupun swasta karena mereka memberi tepuk tangan atas pidato emosional Peres tentang serbuan ke Gaza yang menewaskan lebih dari 1300 warga Palestina.

Erdogan mengatakan Israel berlaku biadab di Gaza.

"Saya merasa sangat sedih karena orang-orang tepuk tangan  atas ucapan anda padahal banyak orang tewas, " teriaknya kepada Peres sebelum dihentikan oleh moderator, wartawan Washington Post David Ignatius.

Ia protes karena Peres diberikan 25 menit untuk berbicara dalam perdebatan sementara dirinya hanya 12 menit

"Kita tidak bisa memulai kembali debat ini karena waktunya tidak ada," kata Ignatius menanggapi perdana menteri Turki tersebut.

Peres menyatakan Israel terpaksa melakukan serangan terhadap Hamas karena  masuk ke dalam ofensif terhadap Hamas karena ribuan roket dan mortir ditembakkan ke Israel.

"Tragedi Gaza bukanlah Israel tapi Hamas," kata Peres, peraih Nobel Perdamaian pada tahun 1994 atas usahanya berdamai dengan PLO pimpinan  Yasser Arafat. "Mereka menciptakan sebuah kediktatoran yang sangat berbahaya. "

Sambil menunjuk Erdogan, dia mengatakan Turki akan berbuat hal yang sama jika Istanbul dihujani roket.

Ban, Erdogan, dan Sekretaris Jenderal Liga Arab Amr Mussa maupun Peres duduk sejajar dalam acara debat itu.

Turki adalah salah satu dari sebagian kecil negara-negara Muslim yang punya hubungan diplomatik dengan Israel.

Ban Ki Moon minta Israel mengakhiri blokade di Gaza selain minta Hamas  mengakhiri kekerasan. Sekretaris Jenderal PBB juga minta  diulanginya usaha Arab dalam  mempertemukan kelompok-kelompok Palestina.

Erdogan Peres dan berbicara lewat telepon setelah acara tersebut dan Peres,  (85) minta maaf atas kejadian itu, ungkap kantor berita  Turki Anatolia.

Erdogan memimpin upaya mediasi antara Israel dan Suriah beberapa saat menjelang serbuan ke Gaza. Dia berkali-kali mengecam serbuan itu.

"Saya seorang pemimpin dunia yang mengatakan bahwa anti-Semitisme adalah kejahatan terhadap kemanusiaan. Saya katakan ini sejak awal  menjadi perdana  menteri maupun sebelumnya," ujar Erdogan menanggapi kecaman kelompok Yahudi. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009