Jakarta (ANTARA) - Kelsey Plum mengemas 24 poin untuk memimpin Las Vegas Aces menjuarai Piala Komisioner Liga Bola Basket Putri Amerika Serikat (WNBA) 2022 seusai mengalahkan Chicago Sky 93-83 dalam partai final di Wintrust Arena, Illinois, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

A'Ja Wilson yang turut menyumbang 17 poin, 17 rebound, dan enam blok mengendalikan paint area secara dominan bagi Aces yang memenangi edisi kedua turnamen tahunan tersebut.

Aces juga mendapat sokongan 19 poin dan lima assist dari Chelsea Gray serta 18 poin milik Jackie Young untuk mengantungi mayoritas uang hadiah setengah juta dolar AS yang jadi pertaruhan.

Baca juga: Bill Richardson diminta lobi Rusia bebaskan pebasket Britney Grine

Atas kemenangan tersebut setiap pemain Aces memperoleh 30 ribu dolar AS (sekira Rp450,6 juta), demikian laporan Reuters.

Gray yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik (Most Valuable Player/MVP) pertandingan final tersebut mendapatkan hadiah tambahan 5.000 dolar AS (sekira Rp75,1 juta).

Candace Parker mencetak 20 poin dan mengamankan 14 rebound untuk Sky, sementara Kahleah Copper dan Emma Meesseman masing-masing menambahkan 18 poin.

Sky cukup kesulitan mengkonversi tembakan mereka, yang hanya mencapai 40,5 persen dari percobaan terbuka dan enam dari 30 lemparan luar busur, dibandingkan 50 persen dan sembilan dari 21 percobaan tripoin milik Aces.

Sebagai runner-up setiap pemain Sky tetap mengantungi uang hadiah 10 ribu dolar AS (sekira Rp150,2 juta).

Sky berupaya mengawinkan trofi Piala Komisioner WNBA 2022 dengan gelar juara WNBA 2021 yang mereka raih Oktober lalu, tapi ambisi itu terganjal permulaan yang buruk dalam final melawan Aces.

rBaca juga: WNBA umumkan 25 pemain terhebat sepanjang masa

Aces memborong 13 poin pertama pertandingan tanpa balas dan memiliki keunggulan yang relatif nyaman 33-14 setelah kuarter pertama berakhir.

Sky berusaha mendekat pada kuarter kedua tapi momentum mereka diredam oleh Aces melalui Young yang memanfaatkan rebound tembakan gagal Plum untuk menutup paruh pertama masih dengan marjin keunggulan dua digit dalam kedudukan 48-34.

Plum sang peraih medali emas 3x3 putri Olimpiade Tokyo 2020 kembali memainkan peranan penting lewat tripoinnya pada sisa 3,6 detik kuarter ketiga untuk menjauhkan Aces kembali setelah Sky sempat memangkas jarak sedekat tujuh poin. Aces menyongsong kuarter pemungkas dengan keunggulan 70-60 yang jadi pelempang jalan menuju kemenangan.

Sebagai informasi, Piala Komisioner WNBA merupakan turnamen intramusim WNBA yang sedianya mulai digulirkan pada 2020 tapi tertunda setahun kemudian karena pandemi COVID-19.

Kompetisi dimainkan dengan 10 gim reguler yang akan menentukan wakil masing-masing wilayah untuk bertemu di partai final. Aces mengunci tiket Wilayah Barat usai melumat Dallas Wings pada 15 Juni, dan empat hari berselang Sky melakukan hal serupa di Timur setelah Connecticut Sun kalah melawan Washington Mystics.

Baca juga: Pemain Celtics suarakan dukungan bagi bintang WNBA Griner yang ditahan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022