Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mencoba salah satu mobil listrik yang dipamerkan pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat.

Bersama selebriti Uya Kuya, Moeldoko membawa mobil merek Wuling mengaspal di arena uji kemudi yang berada di dalam ruang pameran.

"Nyaman sekali karena suaranya tidak bising, kecepatannya juga kencang, jadi nggak usah khawatir kalau mobil listrik seolah-olah nggak bisa lari cepat. Ini bisa," kata Moeldoko usai melakukan uji kemudi, seperti siaran pers KSP yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, saat peresmian pembukaan pameran, Moeldoko menyampaikan keyakinannya bahwa gelaran PEVS 2022 memicu dan memacu pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Terlebih, saat ini Pemerintah telah mendorong transisi dan konversi kendaraan konvensional menuju kendaraan listrik.

"Memicu bagi calon pengguna dan memacu bagi produsen untuk memproduksi kendaraan listrik secara masif," tambahnya.

Baca juga: Moeldoko harap PEVS 2022 dapat memicu dan memacu pengembangan EV

Menurut dia, pameran PEVS merupakan ajang pembuktian bahwa mobil listrik tidak serumit yang dipikirkan calon pengguna.

"Di sini ditunjukkan bagaimana kemudahan penggunaan mobil listrik dan charging-nya, begitu juga dengan kesiapan stasiun pengisian daya," kata Moeldoko yang juga Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo).

Pada kesempatan itu, Moeldoko juga menekankan pentingnya Indonesia menjadi pemain utama dalam pengembangan kendaraan listrik global, sebab Indonesia memiliki sumber daya luar biasa yang menjadi pendukung kendaraan listrik.

"Kita harus mensyukuri anugerah ini dengan melakukan lompatan besar. Jangan hanya jadi penonton, tapi harus jadi pemain utama dalam pengembangan mobil listrik global," ujarnya.

Sebagai informasi, pameran kendaraan listrik PEVS 2022 digelar 22-31 Juli 2022. Selain menghadirkan puluhan merek roda empat dan roda dua, pameran kendaraan listrik pertama di Indonesia itu juga memberikan pengalaman berbeda kepada pengunjung, yakni uji kemudi kendaraan listrik di dalam ruangan.

Baca juga: Wuling Air ev mulai dikirimkan ke konsumen akhir Agustus

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022