Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado mengerahkan KRI Ajak-653 membawa ekspedisi layanan kas Bank Indonesia di wilayah Terdepan Terluar dan Terpencil (3T) di Sulawesi Utara.

"Pelepasan ekspedisi layanan kas Bank Indonesia tersebut berlangsung di dermaga Samuel Langunyu Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI AL
‌ VIII/Manado di Bitung," kata Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado, Mayor Laut (KH) Samuel Pontoh, di Manado, Minggu.

Kas keliling 3T memakai KRI Ajak-653 di perairan Provinsi Sulawesi Utara akan menempuh rute Manado, Pulau Rarinis, Pulau Karatung, Pulau Marampit, Pulau Miangas, Pulau Marore, Pulau Kalama dan kembali ke Manado dengan total jarak tempuh mencapai 728 mil laut.

Baca juga: BI Sumbar bawa Rp5,9 miliar uang baru ke Kepulauan Mentawai

Menurut Pontoh, penjabat sementara Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado, Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, menyatakan, hal itu kerja sama mereka dengan Bank Indonesia sebagai layanan kas di pulau-pulau 3T di wilayahnya dengan tema "Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022".

Latar belakang kerja sama ini merupakan kolaborasi antara tugas menjaga kedaulatan di pulau terdepan di daerah perbatasan dan tugas menjamin tersedianya uang rupiah dalam jumlah yang cukup di pulau daerah perbatasan.

Baca juga: BI kembali distribusikan rupiah ke pulau-pulau

"Melalui kegiatan itu dapat menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap rupiah sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat di kepulauan 3T, bahwa rupiah merupakan mata uang resmi NKRI dan sebagai alat transaksi resmi di wilayah NKRI sehingga harus dijaga dan digunakan secara baik," katanya.

Pada saat itu, Wicaksono menekankan kepada komandan dan seluruh pelaut KRI Ajak-653 agar menjalin komunikasi yang baik dengan personil Bank Indonesia yang turut berlayar. Kemudian melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, selalu memutakhirkan berita cuaca dan perhatikan keamanan bernavigasi, serta mengutamakan nihil kecelakaan, mengutamakan keselamatan personel dan material.

Baca juga: Lanal Palembang fasilitasi BI lakukan pelayanan di pulau 3T

Kegiatan kas keliling 3T di wilayah Provinsi Sulawesi Utara menggunakan KRI Ajak-653 akan menempuh rute Manado, Pulau Rarinis, Pulau Karatung, Pulau Marampit, Pulau Miangas, Pulau Marore, Pulau Kalama dan kembali ke Manado dengan total jarak tempuh mencapai 728 NM,

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022