Untuk jangka pendek, adalah pembangunan rest area di KM 97 di jalan tol Merak yang fungsinya sebagai buffer zone, filter area bagi pengguna jasa angkutan penyeberangan
Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana untuk meningkatkan kapasitas Pelabuhan Merak, Banten, serta melengkapi fasilitas pelabuhan guna mengantisipasi lonjakan saat momentum libur dan mudik Lebaran.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan ASDP Harry Muhammad Adhi Caksono dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu, mengungkapkan rencana penambahan kapasitas dilakukan dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

"Untuk jangka pendek, adalah pembangunan rest area di KM 97 di jalan tol Merak yang fungsinya sebagai buffer zone, filter area bagi pengguna jasa angkutan penyeberangan," katanya.

ASDP, lanjut Harry, juga sedang menyiapkan dermaga eksekutif 2 di Terminal Merak dan Bakauheni untuk mengimbangi permintaan pengguna jasa. Perusahaan juga berencana untuk menambah area parkir.

Untuk jangka menengah, BUMN itu berencana untuk memperluas area parkir Pelabuhan Merak melalui pemindahan stasiun kereta api yang saat ini ada di dalam pelabuhan.

"Jadi diarahkan untuk di luar pelabuhan, sehingga sejajar dengan terminal terpadu Merak dan terminal eksekutif," imbuhnya.

Dari sisi internal, Harry mengatakan ASDP cabang Merak pun berencana melakukan relokasi kantor, memperluas dan menambah area parkir, hingga perapihan tol gate di sirkulasi dermaga 7 dan 1.

"Dalam jangka panjang, dari sisi aksesibilitas, mengusulkan adanya perpanjangan jalan tol, jalan layang dari exit tol Merak ke pintu masuk dermaga reguler dan dermaga eksekutif," ungkapnya.

Harry menambahkan untuk jangka menengah dan panjang, dermaga didesain agar bisa menampung hingga 55 ribu kendaraan.

"Jadi saat ini ada tujuh dermaga di Pelabuhan Merak, tambahannya ada tiga lagi sehingga kapasitasnya dari sekarang 36 ribu kendaraan, akan meningkat jadi 55 ribu kendaraan, dan bisa ditambah lagi jadi empat dermaga," katanya.


Baca juga: ASDP dukung Pemprov Banten hadirkan transportasi aman dan nyaman
Baca juga: Pemerintah siapkan Pelabuhan Ciwandan urai kepadatan Merak
Baca juga: ASDP tambah kapal antisipasi puncak arus mudik

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022