Batu, Jawa Timur (ANTARA) - 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra mengatakan salah satu strategi dalam menghadapi isu krisis chip semikonduktor adalah dengan melakukan lokalisasi komponen.

Hal ini juga dinilai dapat menjadi solusi untuk mencegah kendala produksi terutama untuk kendaraan.

"Sekarang ini sedang ramai isu semikonduktor yang ada pengaruhnya di industri otomotif maupun industri lain yang menggunakan chip semikonduktor. Akan tetapi, Suzuki sudah lakukan langkah-langkah strategis seperti salah satunya melakukan lokalisasi komponen," kata Donny di Batu, Malang, pada Jumat.

Untuk salah satu mobil andalannya yakni low MPV-nya, Ertiga dan All New Ertiga Hybrid sudah memiliki lebih dari 80 persen komponen lokal di dalamnya, ujar Donny.

Baca juga: Intip teknologi All New Ertiga Hybrid, LMPV pertama bermesin MHEV

Untuk All New Ertiga Hybrid yang mengusung teknologi hibrida, Donny mengatakan perusahaan ingin meningkatkan komponen lokal demi menunjang program pemerintah yakni Low Carbon Emision Vehicle (LCEV).

Sehingga, harga kendaraan bisa lebih terjangkau karena nantinya akan mendapatkan insentif pajak.

"Jika dilokalkan, supply chain menjadi lebih cepat. Kalau produksi di sini, tidak ada delivery, delivery time, dan secara produksi juga lebih responsif. Target lokalisasi secepatnya. Makin cepat makin bagus karena tidak tergantung beberapa faktor yang unmanageable," papar Donny.

"Dengan lakukan lokalisasi, faktor yang tidak bisa dikontrol menjadi lebih terminimalisir. Terlepas dari dapatnya insentif pemerintah, di sisi strategi perusahaan kami juga melihat itu lebih menguntungkan buat kami," imbuhnya.

Dengan kapasitas produksi kendaraan ramah lingkungan seperti mobil hibrida dan listrik yang tinggi disusul dengan harga yang terjangkau karena komponen lokal, Donny berharap hal ini juga mengakselerasi edukasi dan ketertarikan masyarakat.

"Sehingga, jalannya pararel: infrastrukturnya jalan, permintaan market, edukasi dan pengenalan teknologinya juga jalan bersamaan. Sehingga ada ketertarikan industri di situ, berkaitan dengan teknologi tersebut.

"Dan kalau bicara soal economic scale of business-nya masuk, banyak yang main di situ, maka teknologi di situ akan semakin affordable," imbuhnya.

Baca juga: Pilihan hibrida dominasi penjualan Ertiga di bulan Juni 2022

Baca juga: Rins putuskan absen di GP Jerman untuk fokus pemulihan

Baca juga: Suzuki Auto Value buka program tukar tambah All New Ertiga Hybrid
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022