Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita humaniora yang menarik perhatian pembaca pada Kamis (23/6) mulai dari hukum berkurban di tengah wabah penyakit mulut dan kuku hingga dukungan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak terhadap gagasan Rancangan Undang-undang Kesejahteraan Ibu dan Anak.

Selain itu terdapat pula pemberitaan tentang jumlah pendaftar Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah hingga proses evakuasi delapan orang penumpang dan pilot pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM yang mengalami insiden dalam penerbangan dari Duma ke Timika.

Berikut ini adalah sejumlah rangkuman berita humaniora kemarin yang menjadi sorotan pembaca:

1. Dinkes Depok: Dua warga positif COVID-19 Omicron BA.5 sudah sembuh

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Jawa Barat menyatakan dua warga Depok yang terkonfirmasi kasus COVID-19 subvarian Omicron BA.5 sudah dinyatakan sembuh.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. Kemdikbudristek: Jumlah pendaftar KIP Kuliah meningkat di SBMPTN 2022

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengatakan jumlah pendaftar Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada 2022 yakni sebanyak 226.955 orang dibanding tahun lalu sebanyak 198.281 orang.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

3. Tim SAR gabungan evakuasi korban pesawat Susi Air ke Timika

Tim SAR gabungan, Kamis (23/6) dengan menggunakan helikopter Caracal TNI-AU mengevakuasi delapan orang penumpang dan pilot pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM yang mengalami insiden dalam penerbangan dari Duma ke Timika.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

4. Menag Yaqut jelaskan hukum kurban di tengah wabah PMK

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan hukum kurban adalah sunnah yang dianjurkan (sunnah muakkad) atau bukan wajib, terlebih di tengah munculnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

5. Kementerian PPPA dukung RUU KIA demi perhatikan tumbuh kembang anak

Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Agustina Erni menyatakan dukungan penuh pemerintah terhadap gagasan Rancangan Undang-undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

6. Jamaah calon haji diimbau kenakan ihram sejak dari embarkasi

Kementerian Agama mengimbau jamaah calon haji untuk mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi pemberangkatan di Tanah Air, karena waktu di Bandara Jeddah, Arab Saudi, terbatas.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022