Londoo (ANTARA News/AFP) - McLaren berusaha menghindari masalah ketika melakukan tes musim dingin seperti yang diderita pada tahun lalu, ketika mereka meresmikan mobil baru yang akan membawa harapan Lewis Hamilton dan Jenson Button menjelang musim Formula 1 yang baru pada Rabu.

Mantan juara dunia, Hamilton, dan Button, gagal menyaingi kehebatan Sebastian Vettel, sehingga pebalap Red Bull tersebut berhasil mempertahankan gelar juara dunianya.

Setelah dilacak kegagalan McLaren untuk mengejar gelar juara dunia musim lalu, diawali dari buruknya sesi tes musim dingin, di mana mereka tidak mampu menemukan setingan yang kompetitif di mobil balap mereka.

Bagaimanapun, pemimpin McLaren mengatakan mereka berharap mobil barunya, MP4-27, mampu menjegal Vettel dan Red Bull ketika musim 2012 berlangsung.

"Kami tidak akan tahu sampai kualifikasi di Australia, di mana mobil ini (akan berkompetisi)," kata ketua tim, Martin Whitmarsh. "Tahun lalu kami melakukannya, dengan standar-standar McLaren, pada sesi tes musim dingin yang berat di mana kami tidak meraih kecepatan (yang diinginkan)."

"Itu merupakan proses yang relatif membuat stres, dan tentu saja kami akan lebih bahagia untuk tidak perlu berurusan dengan masalah serupa."

"Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan terhadap mobil ini, dan kami percaya kami berada di posisi yang lebih baik pada musim dingin ini dibanding (musim dingin) yang lalu."

Button dan Hamilton, yang mengakhiri musim di peringkat kedua dan kelima pada musim lalu, merasa puas dengan mobil baru McLaren ini, dan tidak sabar untuk menjalani tes di Jerez, Spanyol, pada pekan depan.

"Ini merupakan hari yang sangat menyenangkan bagi kami semua. Ini adalah momen ketika kami melihat betapa kerasnya kami bekerja selama ini," kata Button.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk orang-orang yang telah bekerja keras sepanjang musim dingin untuk membangun mobil ini."

"Tes sangat penting. Kami harus keluar dari kotak dan menjadi kuat."

Hamilton juga merasa antusias dengan mobil baru ini.

"Saya pikir ini terlihat fantastis. Hebat untuk berada di sini setelah musim panas yang bagus," ucapnya. "Mobil ini adalah yang terbaik yang kami cari selama ini, maka saya senang bisa kembali ke sini."

"Kami datang dengan motivasi yang masif, sangat segar, dan ketika anda memiliki mobil yang terlihat bagus, secara umum itu adalah mobil yang bagus, mudah-mudahan itu terjadi di sini."

Hamilton juga menyambut prospek musim depan, di mana enam juara dunia akan bertarung untuk menjadi yang terbaik.

Hamilton, Button, dan Vettel, akan bergabung dengan Michael Schumacher, Fernando Alonso, dan Kimi Raikkonen. Ini adalah jumlah juara dunia terbanyak yang bertanding dalam satu musim kompetisi Formula 1.

"Kami senang dengan persaingan ini. Rasanya hebat untuk memiliki begitu banyak pebalap hebat. Mudah-mudahan tidak terlalu banyak (pebalap hebat) yang akan ditambahkan ke sana," kata Hamilton. "Ini hebat bagi penggemar, hebat pula bagi olahraga ini."

Whitmarsh menampik kemungkinan kalau rivalitas Button dan Hamilton dapat menimbulkan masalah baru.

"Kami tidak suka kalah atau menjadi yang kedua, dan pada dua tahun terakhir hal itu telah membuat mereka frustrasi," kata Whitmarsh.

"Namun kami memiliki dua pebalap yang merupakan pesaing sengit, mereka ingin saling mengalahkan, kini mereka juga berpacu satu sama lain."
(H-RF/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012