Jakarta (ANTARA News) - APP-KTM, produsen motor roda tiga merek "Gajah"  menaregetkan penjualan sebanyak 4.000 unit selama tahun 2012, sedangkan selama lima bulan tahun 2011 perusahaan itu berhasil menjuaal 1.000 unit lebih motor roda tiga.

Redy Sun, GM Marketing PT Asean Motor International (AMI) selaku distributor APP-KTM, mengemukakan hal itu di Jakarta Jumat sore, sambil menambahkan bahwa konsumen motor Gajah bermesin 150 cc itu tersebar di wilayah Jawa dan sebagian Sumatera yang umumnya digunakan sebagai kendaraan niaga untuk mendukung usaha kecil, menengah dan mikro (UMKM).

"Kami optimistis bahwa target penjualan motor roda tiga APP-KTM pada 2012 akan terpenuhi karena banyaknya permintaan untuk mendukung kegiatan UMKM di Indonesia," katanya.

Target penjualan itu didukung keberadaan pabrik motor APP-KTM seluas 17,5 Ha di kawasan Jababeka, Bekasi, Jabar dan kapasitas produksi akan ditingkatkan dari 200 unit per bulan menjadi 400 unit motor per bulan.

Selain itu, penjualan APP-KTM didukung 200 unit dealer motor dan 500 unit jaringan dealer motor dari Aceh, Jawa sampai Sumbawa, NTB, serta motor itu mendapat garansi tiga tahun , sehingga diharapan para konsumen motor tersebut akan mudah mengganti suku cadang dan service rutin.

Redy mengatakan,  motor roda tiga itu memiliki keunggulan yaitu mudah dan murah untuk niaga UMKM, bahan bahana bakar irit karena 1 liter premium bisa menempuh jarak 30 km, praktis bisa masuk ke gang-gang dan jalan sempit, perawatan kendaraan lebih mudah dan daya angkut barang bisa mencapai 500 Kg.

Selain ita, katanya,  harga motor roda tiga "Gajah" lebih terjangkau bagi masyarakat yatu Rp17,5 juta untuk tipe mesin 150 cc dan Rp22,5 juta untuk tipe mesin 200 cc.

APP-KTM sebelumnya dikenal produsen motor roda dua pada 1997 dan sejak 2011 perusahaan itu memproduksi motor roda tiga dengan nama "Gajah" yang memiliki dua tipe yaitu 150 cc dan 200 cc.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012