Bandarlampung (ANTARA News) - Ketua DPD RI Irman Gusman mendorong agar Provinsi Lampung yang memiliki potensi persawahan dan perkebunan menjadi provinsi pertanian.

"Lebih dari separuh PDRB Provinsi Lampung diperoleh dari sektor pertanian," kata Irman Gusman di Bandarlampung, Kamis, dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Provinsi Lampung, pada 25-27 Januari 2012.

Pada kunjungan kerja tersebut Irman Gusman didampingi oleh Sekretaris Jenderal DPD RI, Siti Nurbaya, serta anggota DPD RI dari Provinsi Lampung yakni Anang Prihantoro, Ahmad Jajuli, Iswandi, an Aryodhia Febriansyah.

Dalam rombongan tersebut juga bergabung anggota DPD RI dari daerah lainnya yakni Andika Hazrumi (Provinsi Banten), Muhammad Afnan Hadikusumo (Provins DI Yogyakarta), dan Abdul Aziz (Provinsi Sumatera Selatan).

Menurut Irman, berdasarkan pemaparan yang disampaikan Wakil Gubernur Lampung Joko Umar Said dan Kepala Bappeda Lampung Fahrizal Darminto, lebih dari separuh pendapatan daerah Lampung diperoleh dari sektor ekonomi dan pertanian.

Dengan potensi tersebut, menurut dia, Provinsi Lampung hendaknya bisa dikembangkan menjadi sentra produksi pertanian an bisa disebut sebagai provinsi pertanian.

"Sebagai sentra produksi pertanian, menurut dia bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat," katanya.

Irman mengakui, dengan potensi pertanian yang ada pertumbuhan ekonominya tidak bisa berjalan cepat, tapi bukan tidak mungkin bisa ditingkatkan dengan melakukan terobosan kreatif.

Pada kesempatan tersebut, Irman juga menyatakan mendukung upaya Pemerintah Provinsi Lampung untuk meningkatkan infrastruktur dan prasarana pertanian, guna menngkatkan sektor ekonomi, khususnya ekon0omi pertanian.

Irman menambahkan, pada era otonomi daerah saat ini, hendaknya daerah bisa meningkatkan kreativitas yang mandiri yang tidak tergantung pada pemerintah pusat dalam pengembangan potendi daerahnya.

Salah satu masukan dalam mendorong penngkatan kreativitas tersebut, menurut Irman, dirinya akan berdiskusi dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten se-Indonesia serta Asosiasi Pemerintah Provinsi Se-Indonesia, pada `Februari mendatang.

Irman juga mengusulkan agar, perencanaan pembangunan tidak hanya dilakkan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota d provinsi tersebut, tapi harus ada sinergi antarprovinsi di suaty wilayah.

Karena di antara dua atau tiga provinsi yang saling berdekatan, menurut dia, mungkin ada potensi yang sama dan bisa dikembangkan bersama.
(T.R024/B012)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012