Bantuan itu diharapkan tidak hanya mendorong para pelaku UMKM beralih ke energi bersih, tetapi juga meningkatkan produksi usaha
Badung, Bali (ANTARA) - PT PLN (Persero) mendukung pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di Provinsi Bali beralih ke energi bersih, salah satunya melalui pemberian gerobak listrik kepada kelompok usaha hidroponik di Mengwi, Badung.

Bantuan itu, menurut Manajer PLN UP2B Bali Mohammad Bachtiar, diharapkan tidak hanya mendorong para pelaku UMKM beralih ke energi bersih, tetapi juga meningkatkan produksi usaha.

"Sejalan dengan salah satu aspirasi dalam program transformasi PLN, yaitu green, kami memberi kendaraan yang ramah lingkungan untuk kegiatan yang produktif," katanya dalam siaran tertulisnya yang diterima di Badung, Bali, Rabu.

Ia menambahkan bantuan it, yang diberikan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Hidroponik Abianbase di Mengwi, merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban (UP2B) Bali.

Lurah Abianbase I Dewa Gede Rai Wijaya selaku pembina Kelompok Tani Wanita Srikandi Hidroponik menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut.

"Kami berterima kasih kepada PLN atas bantuan yang telah disalurkan kepada KWT Srikandi Hidroponik Abianbase. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kegiatan operasional dan pemasaran KWT," katanya.

Sementara itu, Camat Mengwi Nyoman Suhartana, yang menyaksikan acara penyerahan gerobak listrik, menyampaikan bantuan itu sejalan dengan program pemerintah daerah memberdayakan para pelaku UMKM.

"TJSL PLN merupakan program yang bagus dalam mendukung pertanian hidroponik dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat khususnya di tengah kondisi ekonomi yang kurang baik seperti ini," kata dia.

Sebelumnya, Manajer Senior Komunikasi dan Umum PLN UID Bali Krisantus Hendro Setyawan menyampaikan pihaknya telah menyalurkan 11 gerobak listrik untuk pelaku UMKM di Bali.

"PLN memiliki visi untuk mewujudkan sustainable development goals (tujuan pembangunan berkelanjutan) dengan menciptakan shared value (nilai-nilai bersama) baik dari segi ekonomi, sosial, maupun yang menjadi perhatian saat ini adalah semangat transisi energi," katanya.

Ia menambahkan bantuan itu juga bentuk upaya PLN mendukung program Bali Energi Bersih yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Bali.

Baca juga: PLN Bali siapkan pasokan listrik cadangan dukung PKB tanpa pemadaman
Baca juga: PLN perkuat sistem kelistrikan Paiton-Situbondo jelang G20 di Bali
Baca juga: PLN pasang alat deteksi di gardu listrik, cegah pemadaman saat KTT G20

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022