Bandung (ANTARA News) - Penumpang pesawat dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke semua jurusan penuh pada Liburan Imlek sejak Jumat hingga Senin.

"Rata-rata jumlah penumpang untuk semua jurusan mencapai 95 persen, bahkan untuk Minggu dan Senin ini penuh," kata Manager Distrik Area Merpati Airline Iwan Ridwan di Bandung, Senin.

Menurut Iwan setiap liburan dan akhir pekan penumpang pesawat ke Bandung selalu melonjak signifikan dibandingkan rata-rata okupansi penumpang 70-80 persen. Merpati melayani penerbangan domestik dari Bandung ke sejumlah kota.

Namun menurut Iwan, yang jalur favorit tetap Bandung - Denpasar dan Bandung Yogyakarta. Tapi jalur lainnyapun mengalami peningkatan okupansi yang signifikan.

"Jalur Bandung - Denpasar dan Bandung - Yogyakarta memang favorit, tapi jalur lainnya juga cukup bagus okupansinya di setiap liburan," kata Iwan.

Selain itu, cuaca pada Liburan Imlek cukup mendukung penerbangan, sehingga tidak ada penundaan atau keterlambatan penerbangan akibat gangguan cuaca buruk.

"Cuaca di Bandung dan di jalur sangat mendukung, sehingga tidak ada penundaan penerbangan. Seluruh penerbangan sesuai jadwal setiap harinya," katanya.

Selain Merpati, maskapai penerbangan lain yang melayani rute ke Bandung adalah Air Asia Bandung - Kuala Lumpur dan Bandung - Singapura, Sriwijaya Air Bandung - Surabaya, Wings Air Bandung - Yogyakarta serta penerbangan Sky Aviation dan Susi Air. (S033)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012