Jakarta (ANTARA) - Jumlah penjualan truk pikap China mencatat pertumbuhan secara bulanan (month on month) yang kuat pada Mei 2022 dengan membaiknya situasi epidemi dan pulihnya produksi, demikian menurut data dari Asosiasi Mobil Penumpang China (China Passenger Car Association).

Bulan lalu, sebanyak 42.000 truk pikap terjual di China. Angka ini melonjak 23,8 persen dibandingkan satu bulan sebelumnya, kata asosiasi itu. Meski demikian, angka penjualan tersebut lebih rendah 7,9 persen dibandingkan pada Mei tahun lalu.

Dalam lima bulan pertama tahun ini, 207.000 truk pikap diproduksi dan dijual di China, turun 10,3 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Asosiasi tersebut tetap optimistis terhadap kinerja pasar di masa depan, menyoroti insentif kebijakan China yang kuat untuk meningkatkan kualitas produk dan mendorong penjualan melalui kemungkinan penghapusan aturan pembatasan pikap di distrik-distrik perkotaan.

Dikatakan oleh asosiasi itu bahwa sejumlah produsen besar merilis produk truk pikap penumpang, dengan ekspektasi berupa pertumbuhan penjualan truk pikap yang kuat secara berkelanjutan, didorong oleh budaya mobil yang kian bersemangat mendukung kendaraan jenis ini. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022