Semarang (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah Muh.Zen meminta pemerintah tegas terhadap Ritisan Sekolah Berstandar Internasional yang selama ini tidak memenuhi kualifikasi menjadi sekolah bertaraf internasional.

"Pemerintah harus tegas dan mengembalikan ststusnya menjadi sekolah standar nasional," kata Muh.Zen di Semarang, Sabtu.

Menurut dia, harus ada evaluasi total dengan merumuskan kembali standar baku pendidikan internasional.

"Harus ada evaluasi total. Jika ada yang tidak memenuhi kualifikasi, maka jangan segan-segan untuk diturunkan," kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

Namun, lanjut dia, jika memang ada sekolah yang bagus dan memenuhi standar yang ditentukan, jangan segan-segan pula menaikkan statusnya menjadi sekolah bertaraf internasional.

Ia menuturkan, selama ini tidak ada standar yang jelas mengenai kurikulum internasional, sistem pembelajaran, serta kualifikasi sumber daya manusianya.

Ia menjelaskan, sikat tegas pemerintah menjadi salah satu upaya menjawab keraguan masyarakat tentang keberadaan sekolah yang selama ini dianggap lembaga pendidikan bertarif mahal itu.

Ia menambahkan, RSBI telah berjalan sekitar tujuh tahun, namun tampaknya belum menunjukkan kualifikasi untuk dinaikkan menjadi sekolah berstandar internasional.

"Upaya ini sebenarnya lebih adil, sehingga semua RSBI tidak disamaratakan kondisinya," katanya. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012