Denpasar (ANTARA News) - Situs jual beli Tokobagus.com menggandeng bengkel pengecatan sistem oven dan reparasi bodi kendaraan, Kiat Motor milik Haji Sukiyat, yang menjadi produsen Mobil Kiat Esemka di Klaten, Jawa Tengah.

"Dalam kerja sama ini bengkel Kiat Motor dipromosikan dengan dibuatkan toko online di situs kami dengan fasilitas khusus," kata Public Relation Manager Tokobagus.com Ichwan Sitorus dalam penjelasan yang disampaikan kepada ANTARA di Denpasar, Rabu.

Kerja sama itu, katanya, untuk menunjukkan bahwa Tokobagus.com yang telah menjadi situs jual beli online terbesar dan terpopuler di Indonesia, mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Kiat Motor.

"Kiat Motor membantu produksi mobil Kiat Esemka dengan mengandalkan tangan-tangan terampil anak bangsa sendiri, yakni para pelajar SMK. Kami ingin memberikan apresiasi atas upaya yang luar biasa itu," ujar Ichwan.

Presiden Direktur Tokobagus.com Arnold Sebastian menambahkan, pihaknya memberikan sejumlah fasilitas bagi bengkel Kiat Motor untuk bisa melakukan kegiatan promosi melalui jaringan internet secara maksimal di situsnya.

"Kami memberikan kesempatan dalam pemberian label verified members, level power seller, promo point dengan nilai yang sangat memadai secara gratis. Penayangannya di halaman homepages, dan fasilitas khusus lainnya," ucapnya.

Dia mengaku ingin melakukan banyak hal untuk bengkel Kiat Motor dan Haji Sukiyat bersama timnya yang telah memberikan inspirasi bagi banyak pihak.

"Saya pribadi sangat kagum atas usaha beliau mendidik pelajar-pelajar SMK sehingga bisa membuat mobil Kiat Esemka yang fenomenal tersebut," ungkap Arnold Sebastian.

Sementara itu Haji Sukiyat yang merupakan penggagas sekaligus pendukung utama pembuatan mobil Kiat Esemka, mengaku sangat senang atas apresiasi dari Tokobagus.com, yang diharapkan semakin menambah semangat dan motivasi siswa-siswa SMK yang dididiknya.

"Kami berharap mereka semakin kreatif dalam mengembangkan Kiat Esemka maupun produksi berbagai jenis kendaraan lainnya," ujarnya didampingi Wardani Sugiyanto, Kepala SMKN 1 Trucuk, Klaten, yang sukses mengkoordinir siswa-siswa dalam menangani produksi mobil Kiat Esemka.

Iklan bengkel Kiat Motor dengan produksi Kiat Esemka-nya itu tayang di Tokobagus.com sejak Rabu (17/1), melengkapi daftar iklan otomotif lainnya, seperti motor-sekuter, onderdil mobil hingga aksesoris kendaraan yang kini mencapai 120 ribu iklan atau naik 350 persen dibandingkan awal 2011.

(T.T007/M026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012