Jakarta (ANTARA) -
Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional Kamis (9/6) kemarin, mulai dari Presiden kunjungi Wakatobi hingga Badan Legislasi DPR RI lakukan harmonisasi RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA).

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Presiden Jokowi disambut Sajo Moane saat tiba di Wakatobi
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana mendapat upacara sambutan berupa pertunjukan tari Sajo Moane dan memperoleh kain tenun khas Wakatobi saat tiba di Bandara Matahora, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis pagi.

Seperti dikutip dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden (Setpres), Presiden Jokowi juga diberikan Kampuru yang merupakan penutup kepala khas Wakatobi.

Selengkapnya di sini

2. Presiden dan Ibu Negara berboncengan kendarai sepeda motor listrik
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyempatkan diri berboncengan mengendarai sepeda motor listrik menuju Kampung Mola dalam rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis.

Keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta menyebutkan bahwa Presiden dan Ibu Negara awalnya menumpangi mobil jip terbuka saat menuju Kampung Mola untuk penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat.

Selengkapnya di sini

3. Presiden Jokowi tak akan tolerir ego sektoral karena rugikan negara
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dirinya tak akan mentoleransi jajarannya yang masih mengedepankan ego sektoral ataupun ego lembaga, sebab yang dirugikan adalah negara dan masyarakat.

"Saya ingatkan lagi, saya tidak bisa mentolerir terjadinya kerugian negara, kerugian masyarakat yang disebabkan oleh ego sektoral dan ego lembaga. Itu sudah setop. Cukup," kata Presiden Jokowi saat membuka Pertemuan Puncak Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA Summit) 2022, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis, sebagaimana disaksikan virtual.

Selengkapnya di sini

4. Ketua DPR minta Pemerintah jamin pelayanan kesehatan jamaah calon haji
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Pemerintah menjamin pelayanan kesehatan jamaah calon haji Indonesia terkait dengan laporan adanya kenaikan kasus COVID-19 di Arab Saudi.

"Kami meminta Pemerintah meningkatkan antisipasi dengan adanya laporan kenaikan jumlah kasus COVID-19 di Arab Saudi. Pelayanan kesehatan jamaah calon haji Indonesia harus terjamin sehingga ibadah mereka di Tanah Suci tidak terganggu," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

5. RUU KIA atur cuti melahirkan selama enam bulan
Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI Abdul Wahid mengatakan Rancangan Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak mengatur tentang kewajiban perusahaan memberikan cuti melahirkan selama enam bulan bagi ibu yang bekerja.

"Mengatur terkait cuti melahirkan paling sedikit enam bulan dan waktu istirahat 1,5 bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan atau bidan jika mengalami keguguran bagi ibu yang bekerja," kata dia dalam acara Rapat Pleno Badan Legislasi DPR RI tentang Harmonisasi RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak yang diikuti di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022