untuk mengatasi kekhawatiran bahwa beberapa ban ini mungkin masih ada di pasar atau sedang digunakan
Washington (ANTARA) - Goodyear mengatakan pada Selasa (7/6) bahwa pihaknya me-recall atau menarik kembali 173.000 ban G159 yang digunakan pada kendaraan rekreasi (RV) dan truk karena potensi pemisahan tapak yang berbahaya dan setelah regulator keselamatan mobil AS secara resmi meminta pabrikan untuk menggantinya.

Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) membuka penyelidikan awal pada 2017 untuk meninjau tuduhan yang diajukan dalam gugatan bahwa beberapa ban memiliki cacat menyebabkan kecelakaan yang mengakibatkan kematian dan cedera.

NHTSA pada Februari meminta Goodyear untuk menarik ban dan Goodyear pada Maret awalnya menolak permintaan tersebut, kata pabrikan dalam laporannya kepada regulator.

Goodyear mengatakan dalam pengajuannya, pihaknya sekarang telah menyetujui penarikan kembali "untuk mengatasi kekhawatiran bahwa beberapa ban ini mungkin masih ada di pasar atau sedang digunakan."

Dalam sebuah pernyataan Selasa (7/6), Goodyear berargumen "tidak ada cacat keselamatan" pada ban yang ditarik, dan mengatakan hanya sedikit jika ada yang tersisa di jalan. Goodyear mengatakan akan menarik kembali ban, yang terakhir diproduksi pada 2003, "untuk mengatasi risiko yang muncul saat ban digunakan dalam kondisi kurang angin atau kelebihan beban".

NHTSA mendesak pada Selasa (7/6) “siapa pun yang memiliki, menyewa, atau menggunakan RV atau truk dengan pelek 22,5 inci untuk memastikan ban ini tidak digunakan pada kendaraan mereka.” Penarikan itu, lanjutnya, berlaku khusus untuk ban G159 ukuran 275/70R22.5, yang biasa ditemukan di RV.

Badan tersebut mengatakan pihaknya percaya "karena keadaan unik dari penggunaan kendaraan rekreasi mungkin masih ada ban yang bermasalah di jalan hari ini."

NHTSA mengatakan telah menerima 10 keluhan konsumen yang menuduh kegagalan ban Goodyear G159, dengan dua keluhan menuduh kecelakaan.

NHTSA mengatakan dalam surat Februari yang diposting Selasa (7/6) bahwa dugaan cacat ban G159 adalah "pusat dari 41 tuntutan hukum yang melibatkan 98 kematian dan cedera yang diajukan antara 1999 dan 2016."

Badan tersebut menambahkan dalam surat permintaan penarikannya "tampaknya Goodyear menyadari adanya cacat keamanan... ban dalam produksi tetapi tidak mengajukan penarikan."

NHTSA mengatakan Goodyear secara rutin memperoleh perintah pengadilan yang melarang pelepasan informasi ban yang ditemukan dalam tuntutan hukum.

"Hingga 2015, Goodyear terus menolak permintaan informasi yang dirilis ke NHTSA meskipun tingkat kerugian kompetitif terbatas yang dapat mengikuti dari pengungkapan informasi bisnis rahasia tentang desain ban berusia 19 tahun," tulis NHTSA.

Dealer Goodyear akan mengganti ban yang dipasang pada kendaraan rekreasi dan memberikan voucher 60 dolar AS untuk RV dengan pertimbangan profesional. Goodyear akan menawarkan pengembalian uang 500 dolar AS untuk ban yang tidak dipasang pada kendaraan.

Penarikan kembali berlaku untuk ban G159 ukuran 275/70R22.5.

Baca juga: Goodyear buat ban dengan 70 persen bahan berkelanjutan

Baca juga: Goodyear hadirkan ban khusus mobil listrik

Baca juga: Goodyear akuisisi raksasa ban AS Cooper Tire

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022