Jakarta (ANTARA News) - Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah festival olahraga rekreasi dunia atau lebih dikenal dengan "The 6thTAFISA World Sport fol All Games" di Jakarta pada 2016.

Ketua Umum Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) Hayono Isman di Jakarta, Selasa, mengatakan, Indonesia menjadi tuan rumah dipastikan setelah menang bidding yang dilakukan Turki beberapa waktu lalu.

"Indonesia menang mutlak atas Belanda pada kongres lalu. Dengan demikian Indonesia berhak menggelar kegiatan empat tahunan ini," katanya usai melapor kepada Menpora Andi Mallarangeng di Kantor Kemenpora Jakarta.

Menurut dia, festival yang tahun ini digelar di Lithuania itu akan diikuti oleh 100 negara. Hanya saja hingga saat ini belum ditentukan berapa nomor yang akan dipertandingkan.

"Inilah event besar yang digelar di Indonesia sejak Asian Games 1962. Makanya semuanya harus dipersiapkan dengan maksimal," kata mantan Menteri Pemuda dan Olahraga pada masa Presiden Soeharto itu.

Ia menjelaskan, guna menyukseskan kegiatan yang rencananya digelar 2016 ini pihaknya akan terus menggalang dukungan kepada pemerintah. Selain melakukan koordinasi dengan Kemenpora pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Menko Kesra.

"Kami juga akan menghadap Presiden. Setelah itu kami akan menindaklanjuti semua persiapan awal yang telah diprogramkan," kata Haryono Isman.

Mantan Ketua Umum Kosgoro itu menjelaskan, tujuan dari festival ini di antaranya adalah untuk melestarikan dan mempromosikan olahraga dan permainan tradisional yang menjadi jati diri dan warisan budaya suatu bangsa.

Khusus dari Indonesia, kata dia, pada The 6th TAFISA World Sport for All Games 2016 akan mengenalkan Poco-Poco yang merupakan olahraga tradisional dari Sulawesi Utara (Sulut).

Hayono Isman menegaskan, dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah bisa dijadikan refleksi kebangkitan olahraga rekreasi di Indonesia karena sesuai dengan UU Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Sementara itu Menpora Andi Mallarangeng menyambut baik ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah The 6th TAFISA World Sport for All Games 2016 karena akan berdampak positif termasuk dalam dunia pariwisata.

"Sekarang masih banyak waktu. Jadi harus dipersiapkan dengan baik. Kami akan secepatnya melakukan koordinasi untuk membahas hal ini," katanya usai menerima FORMI selaku pihak penyelenggaran festival olahraga rekreasi dunia ini.

Pihaknya berharap semua pihak mendukung kegiatan ini karena sebagai tuan rumah banyak hal positifnya. Selain prestasi dalam bidang olahraga, sektor pariwisata juga mendapatkan imbasnya kerena banyak warga asing yang datang ke Indonesia.
(T.B016/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012