Solo (ANTARA News) - Wali Kota Surakarta Joko Widodo mengatakan  tak menyangka kendaraan Kiat Esemka yang dirakit para siswa SMK di kotanya mendapatkan peminat yang jumlahnya luar biasa.

"Semuanya demam mobil Esemka, saya tidak mengira akan terjadi respons sedemikian luar biasa seperti ini. Sampai bingung karena pemesannya mencapai ribuan," kata Jokowi, panggilan akrab wali kota.

Dia mengemukakan tindak lanjut promosi Kiat Esemka adalah pembentukan rencana bisnis yang melibatkan  pemerintah, sekolah, investor, home industry, serta industri perakitan.

"Saat ini semuanya sudah dimiliki dari ilmu hingga sumber daya manusia, hanya tinggal produksi massalnya saja yang belum. Untuk bisa memproduksi secara massal mobil tersebut, dibutuhkan kemitraan antara Pemerintah Pusat, daerah, investor, serta pihak sekolah.

"Nantinya siswa SMK diarahkan bisa menjadi pengusaha industri kecil untuk otomotif, jadi semuanya ada kemitraan. Dari daerah sudah menyiapkan Solo Tehno Pack (STP), dari pusat untuk `assembly line`-nya, begitu juga dari investor dan sekolah," katanya.

Masyarakat Solo antusias menyaksikan dari dekat mobil Kiat Esemka yang sengaja dipamerkan di depan rumah dinas Wali Kota Surakarta Loji Gandrung. Jokowi juga memperbolehkan warga melakukan "test drive".

"Saya tertarik dengan mobil ini, semuanya bagus interior dan mesinnya sudah bagus. Hanya membutuhkan peningkatan `quality control`-nya-saja," kata Yanto, salah satu warga yang antusias melihat mobil tersebut.
(J005)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012