... bila kondisi arus lalu lintas di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan sekitar Monas sudah teramat padat, maka akan dilakukan penyekatan dan pengalihan arus lalu lintas...
Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tidak akan melakukan penutupan jalan pada malam Tahun Baru kali ini. Walau begitu, hal tersebut dapat saja dilakukan bila kondisi arus lalu lintas teramat padat jelang malam penggantian tahun.

Berdasarkan informasi dari Pusat Pengelolaan Lalu-lintas (TMC) Polda Metro Jaya, bila kondisi arus lalu lintas di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan sekitar Monas sudah teramat padat, maka akan dilakukan penyekatan dan pengalihan arus lalu lintas.

Selain itu, Ditlantas Polda Metro Jaya juga mengimbau pengguna jalan untuk tidak melewati ruas tol Pluit-Tanjung Priok karena lokasi tersebut berpotensi macet saat malam tahun baru.

Berikut adalah sejumlah rute pengalihan arus ketika rute menuju Bundaran Hotel Indonesia dan Monas sudah sangat padat di malam pergantian tahun baru 2012.

Dari arah Jakarta Selatan, sebanyak 13 titik ruas jalan akan dialihkan antara lain kendaraan dari Bundaran Senayan ke Sudirman-Thamrin dialihkan ke Jalan Hang Lekir, dan kendaraan dari Jalan Asia Afrika menuju Sudirman sampai Semanggi dialihkan ke Jalan Gatot Subroto.

Sementara dari arah Jakarta Barat, sebanyak 7 titik ruas jalan akan dialihkan antara lain dari Tomang sampai Harmoni akan dialihkan ke Jalan Gajah Mada, dan kendaraan yang datang dari arah Grogol sampai pertigaan Hasyim Ashari dialihkan menuju ke Stasiun Kota.

Sedangkan dari arah Jakarta Utara, sekitar 5 titik ruas jalan yang dialihkan antara lain dari Jalan Mangga Dua raya menuju Gunung Sahari dialihkan ke arah Bintang Mas-Ancol.

Dari arah Jakarta Timur, sebanyak 11 titik antara lain dari Jalan Sudirman sampai Pancoran dialihkan ke arah Pasar Minggu atau Jalan Suharjo dan dari Kramat Jati menuju Monas dialihkan ke Jalan Letjen Suprapto.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Dwi Sigit Nurmantyas mengatakan, pihaknya telah mengerahkan hingga sebanyak 4.000 personel untuk mengamankan arus lalu lintas di berbagai jalan ibukota.

Nurmantyas juga mengemukakan, pengamanan ekstra akan diberikan di tiga titik yang rawan kemacetan, yaitu di kawasan Ancol, Monas, dan Bundaran HI.

Berdasarkan data Ditlantas Polda Metro Jaya, sejumlah ruas jalan utama yang berpotensi macet adalah Jalan Sudirman-Thamrin, kawasan Medan Merdeka, Jalan Majapahit, Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk, dan Jalan Veteran-Pasar Baru.

Secara keseluruhan Polda Metro Jaya telah menyiapkan 592 pos pengamanan pada pergantian malam Tahun Baru. Selain itu, Polda juga menerjunkan 9.000 personel terdiri atas intelijen, penjinak bahan peledak, reserse, dan lalu lintas. (M040)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011