Jadi selain dia pikir produknya cocok dengan Indonesia, dan kedua dia juga ada sentimentil dengan Indonesia
Amsterdam, Belanda (ANTARA) - Delegasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) mengajak perusahaan renewable energy di Belanda HyTE Group dan Ampowr untuk bergabung pada Business 20 (B20) Summit di Bali, 13-14 November 2022.

"Nanti kan ada bisnis forum di sana dengan begitu ide idenya bisa disebarkan kepada perusahaan-perusahaan swasta," kata Ketua Komite Bilateral KADIN untuk Belanda Irwan Habsjah kepada ANTARA usai melakukan kunjungan bisnis di Belanda, Jumat.

Baca juga: Kadin rangkul Huawei bangun ekosistem nol karbon Indonesia

Irwan mengatakan kedua perusahaan tersebut mengatakan mereka tertarik untuk mencari lebih lanjut mengenai gelaran B20, bahkan Founder dan CEO HyET Group Rombout Swanborn memiliki kedekatan emosional dengan Indonesia karena pernah tinggal di Prabumulih, Sumatera Selatan.

"Jadi selain dia pikir produknya cocok dengan Indonesia, dan kedua dia juga ada sentimentil dengan Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Kadin percepat perdagangan dan investasi dengan Swiss

Lawatan Irwan bersama delegasi KADIN Indonesia ke dua perusahaan tersebut merupakan bagian dari roadshow KADIN di Eropa. Perusahaan renewable energy dipilih karena sejalan dengan salah satu dari agenda prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia yakni transisi energi.

"Transisi energi itu mengarah ke energi baru terbarukan. Nah dengan adanya B20 yang merupakan aktivitas bisnis dari G20, kita harus menyesuaikan dengan objektif dari pemerintah," jelas Irwan.

Baca juga: Kadin harap konflik Ukraina-Rusia tak surutkan minat B20

HyET Solar Netherlands BV telah menandatangani nota kesepahaman dengan Pertamina Power Indonesia terkait pengembangan infrastruktur pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia.

Adapun pada kunjungan tersebut delegasi KADIN juga melakukan factory tour untuk melihat fasilitas dan cara kerja teknologi HyET Group serta meninjau lokasi instalasi salah satu teknologi tempat penyimpanan listrik Ampowr yang berbentuk kontainer 40ft dengan kapasitas 0.1MWh sampai 100+MWh - DC/AC yang dilengkapi dengan sistem kontrol dan dapat dikendalikan melalui hp atau komputer.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022