Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri melakukan kunjungan ke Republik Islam Iran untuk meresmikan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kementerian Sosial RI dengan Imam Khomeini Relief Foundation (IKRF), lembaga kemanusiaan yang sangat berpengaruh di Iran.

Melalui rilis yang diterima dari Humas Kementerian Sosial RI, di Jakarta, Selasa, kunjungan Menteri Sosial yang didampingi Sekjen Kemensos Toto Utomo Budi Santosa berlangsung sejak 25-28 Desember 2011.

Pada Senin, 26 Desember 2011, Mensos Salim Segaf yang didampingi Sekjen Kemensos, Dirjen Linjamsos Andi Zainal Abidin, Dirjen Rehsos Makmur Sunusi dan Staf Khusus Musholi bertemu dengan pejabat IKRF yang dipimpin langsung Ketua IKRF Hossein Anvari.

Setelah dialog intensif, ditanda-tangani MoU oleh Sekjen Kemensos Toto Utomo dan Wakil Sekjen IKRF Mohammad Mohammadi Fard yang turut disaksikan Mensos Salim dan Ketua IKRF.

"Ini merupakan kunjungan balasan karena pada Oktober lalu, Hossein Anvari pernah berkunjung ke Indonesia dan mampir ke kantor Kementerian Sosial. Pada tahun 2009 pernah disepakati Letter of Intent, sehingga MoU kali ini lebih memperkuat," kata Mensos Salim.

Solidaritas yang muncul saat terjadi bencana gempa di kota Bam, Iran (2004) dan Yogyakarta, Indonesia (2006). Pemerintah dan lembaga kemanusiaan dari Indonesia mengirimkan bantuan dan relawan ke Iran, demikian pula pemerintah dan organisasi kemanusiaan Iran mengirimkan bantuan ke Indonesia.
(D016)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011