Sukabumi (ANTARA News) - Satuan polisi lalu lintas Polres Sukabumi Kota akan melakukan pengalihan arus guna mengantisipasi kemacetan panjang yang mulai terjadi.

"Pemberlakuan buka tutup jalan akan dilakukan jika ada penumpukan kendaraan di beberapa ruas jalan di wilayah hukum kami," kata Kepala Satuan Lalulintas Polres Sukabumi Kota, AKP Asep Saepudin di Sukabumi, Minggu.

Menurutnya, ada beberapa titik yang menjadi rawan kemacetan di Sukabumi, seperti dari arah Sukaraja menuju Sukabumi dan Cisaat menuju Sukabumi.

Rencananya jika terjadi penumpukan maka pengalihanarusdilakukan.

Namun, untuk sementara ini pemberlakuan pengalihan arus kendaran belum dilakukan karena arus lalu lintas masih lancar walaupun di beberapa titik terjadi kemacetan atau penumpukan kendaraan.

"Kami telah menyiagakan personel untuk menertibkan arus lalu lintas," tambahnya.

Personel Polantas yang diturunkan untuk melakukan penertiban arus lalulintas sebanyak 150 orang yang dibantu dari setiap Polsek. Mereka disiagakan di pos-pos yang sudah dibangun di beberapa titik pusat keramaian masyarakat seperti Jalur Lingkar Selatan, Supermall, Jalan Sudirman dan lain-lain.

Dalam pengamanan arus lalu lintas ini pihaknya juga bekerjasama dengan pengaman swakarsa dan pemerintah daerah setempat.

"Diprediksi puncak kemacetan arus lalu lintas akan terjadi pada saat perayaan tahun baru 2012, ada beberapa titik jalan yang akan ditutup untuk mengantisipasi kemacetan seperti Jalan Ahmad Yani," kata Asep.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin merayakan tahu baru agar mentaati rambu lalu lintas untuk mencegah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

(T.KR-ADR/A035)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011