Ambon (ANTARA News) - Sejumlah kecelakaan lalu lintas di jalan raya mewarnai aksi konvoi sepeda motor pada hari perayaan Natal, namun peristiwa ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka.

"Data sementara yang kami himpun, terdapat kecelakan lalu lintas di beberapa ruas jalan namun tidak menimbulkan korban jiwa dan kami juga telah menahan sepuluh sepeda motor yang tidak memiliki lampu, speedometer maupun perlengkapan lainnya," kata Kasat Lantas Polres Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKP Marinus Djati, di Ambon, Minggu pagi.

Akibat ugal-ugalan, sebuah mobil yang sedang parkir di ruas jalan Rijali, tepatnya di depan gedung kantor DPRD Kota Ambon ditabrak hingga kaca spionnya pecah, kemudian sebuah sepeda motor yang terpeleset menyenggol seorang warga di ruas jalan Jan Paays.

Sebuah insiden kecil terjadi di ruas jalan Pohon Puleh, dimana sekelompok anak remaja yang menggunakan atribut negara asing dalam rombongan konvoi menarik perhatian warga sehingga terjadi aksi kejar-kejaran.

Aparat keamanan yang terdiri dari polisi, TNI AD maupun provost TNI AL yang bersenjata lengkap langsung bertindak cepat memperkuat penjagaan di sekitar simpang empat Tugu Trikora dan mencegah arus konvoi sepeda motor tidak lagi melintasi kawasan itu.

Selain memperkuat pengamanan dengan menempatkan kenderaan meriam air, polisi bersenjata lengkap juga menggunakan mobil patroli berputar-putar di sejumlah ruas jalan utama guna memantau situasi keamanan.

"Kami harus melakukan penyekatan jalan di simpang empat Tugu Trikora agar rombongan konvoi dari berbagai lokasi tidak tumpah ruah ke dalam pusat kota," kata Marinus Djati.

Sehingga anak-anak remaja yang sedang berkeliaran di dalam kota dengan sepeda motornya hanya menggunakan ruas jalan Rijali, Jalan Pattimura, Jalan Jan Paays, dan ruas Jalan Tulukabessy.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011