Jakarta (ANTARA News) – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) semakin memantapkan diri sebagai pemimpin di kelas motorsport di Indonesia yang ditandai peluncuran serangkaian motor "premium bike" varian terbaru untuk, yaitu Kawasaki ER6n dan Ninja 650.

Mitsuhiko Okada, Director of Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia dalam siaran pers di Jakarta, Kamis, mengatakan, peluncuran dua varian "Premium bike" ini karena Kawasaki selalu ingin menghadirkan terobosan terbaru bagi industri otomotif roda dua dan memenuhi kepuasan para pecinta motorsport di Indonesia.

"Tak hanya dimensi dan kapasitas mesin yang besar, semua komponen dari kedua motor ini mewakili sosok premium bike sejati bagi mereka yang mengidam-idamkan sebuah motor premium bike Jepang," kata pria yang akrab disapa Okada San ini.

Kedua premium bike yang mengusung mesin berkapasitas 650 cc- dua cyclinder itu mengadopsi konsep "motor touring". "Ini diciptakan untuk memberikan kenyamanan bagi para bikers yang  berjiwa muda dan menyukai adventure. Perbedaan yang mencolok terlihat dari penampilannya, ER6-R menganut konsep naked bike, sedangkan Ninja 650 R menerapkan full fairing," katanya.

Mesin yang berkapisitas = 649 cc dan berkonfigurasi paralel twin ini ( dua Cyclinder ), mengusung sistem noken as DOHC (double over head camshaft) dan 8 buah katup persilinder. "Peningkatan kinerja mesin yang lebih besar, berbasis body yang lebih ramping dan menggunakan jok baru yang nyaman membuat kedua motor ini lebih bergaya dan selalu Fun To Ride," kata Okada San.

Sementara itu Freddyanto Basuki, Marketing & Advertising Dept Head KMI menambahkan, "Meski berkapasitas mesin besar, ER6n dan Ninja 650  masih nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari karena menawarkan performa maksimal yang memiliki tenaga lembut di putaran bawah dan menengah, tetapi performa dahsyat di putaran atas". KMI membandrol moge ini dengan harga Rp99 Juta (on the road ) untuk ER6n dan dan Rp 104 Juta (on the road ) untuk Ninja 650.

"Kawasaki memang terlihat serius dan tidak tanggung-tanggung menggempur pasar Premium Bike . Padahal belum lama di pertengahan 2011 lalu, Kawasaki baru melepas Ninja ZX6R 600cc ke pasaran." kata Freddy.

Image Kawasaki sebagai pabrikan motor yang memiliki spesialis di kelas premium bike memang sudah sejak awal merek ini berdiri. Kawasaki merupakan pabrikan motor pertama kali yang meluncurkan motor ber-cc besar di Jepang pada tahun 1966 dengan nama W1 650 dengan mesin 647 cc, 4 tak 2 silinder pararel berpendingan udara dan power maksimum 47 dk pada 6.500 RPM.

Sejak awal kehadirannya di tanah air, dengan selalu mengedepankan performa dan kualitas, KMI juga sukses menancapkan citra sebagai merek andalan di pasar Premium Bike  di Indonesia, dan terus memperkuat citra tersebut dengan selalu memenuhi keinginan para penggemar sepeda motor.

Sejak memulai debutnya di Indonesia tahun 2008 silam, Kawasaki meluncurkan motor Ninja 250R dan menjadi idola pecinta motor premium bike di Indonesia. "Di tengah gempuran produsen sepeda motor yang membanjiri pasar dengan produk-produk sepeda motor jenis bebek dan skuter matik, pangsa pasar sepeda motor jenis sport terus menggeliat, di situ merupakan andalan kami ," tegas Freddy.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011