Jakarta (ANTARA News) - Tingginya penggunaan jejaring sosial dan lonjakan konten yang membutuhkan layanan komunikasi berbasis data diprediksi akan menjadi tren pada 2012 mendatang.

"Tahun depan akan bergerak di data, dan Indosat akan fokus di penambahan jaringan khusus data dan data ini cukup menarik dan kalau berbicara voice dan sms itu pasarnya sudah mature," kata M Andre Reinaldy Division Head Youth Segment Management group Indosat kepada ANTARANews disela acara media update program "IM3 seru gratis gak abis-abis" Gedung Indosat Jakarta, Jumat.

Menurutnya, saat ini pengguna dominannya menggunakan perangkat-perangkat low end dan feature phone, sementara pengguna smartphone masih kecil jumlahnya, tetapi kedepan pasar smartphone akan terus tumbuh seiring dengan adanya lonjakan konten.

"Komunikasi data saat ini paling banyak digunakan untuk facebook dan twitter dan kalau blackberry untuk layanan BBMnya," katanya.

Selain itu, menurutnya masih banyak pengguna di Indonesia yang mengakses data menggunakan perangkat handheld dari pada PC.

"Lihat saja pengguna handheld sekarang jumlahnya lebih banyak dari PC," ujarnya.

Menghadapi akhir tahun ini Indosat IM3 juga mengeluarkan lima promo sekaligus yaitu melalui program "IM3 seru gratis gak abis abis", "Internet gaul", "Blackberry gaul", "Paket musik", dan "Paket sport".

Dimana pengguna dapat menikmati gratis ratusan menit telepon setelah menelepon 1 menit dan gratis sms setelah kirim 2 sms dan social network setelah pemakaian Internet Rp1000.

Yang paling berbeda adalah paket sport dimana para penggunanya yang menyukai klub sepak bola dunia Barcelona FC bisa mendapatkan konten khusus Barcelona, yang terdiri dari tiga paket yaitu harian, mingguan dan bulanan dengan tarif Rp2000.

(Yud)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011