... Dengan demikian, kebutuhan pupuk petani kecil di Bengkulu dapat diatasi dengan baik...
Bengkulu  (ANTARA News) - Pupuk bersubsidi sangat vital bagi petani.  namun penyalurannya yang sering menjadi masalah tersendiri. Karena itulah mekanisme penyaluran pupuk itu pada 2012 di Bengkulu diatur tetap melalui rencana kebutuhan definitif kelompok (RDKK).

"Ini dilakukan agar penyaluran pupuk bersubsidi di Bengkulu dapat berjalan lancar sesuai dengan mekanisme yang sudah ditetapkan Kementan," kata Kadistan Bengkulu, Muchlis Ibrahim, di Bengkulu, Jumat.

"Hal ini dilakukan agar penyaluran pupuk bersubsidi di Bengkulu pada 2012 tepat sasaran dan tidak terjadi penyimpangan di lapangan, katanya.

Dengan begitu, pupuk bersubsidi di Bengkulu benar-benar dapat dinikmati petani kecil yang memiliki lahan maksimal dua hektare per kepala keluarga (KK) sesuai dengan target pemerintah.

Terkait kuota pupuk bersubsidi di Bengkulu, Muchlis mengatakan, dirinya belum dapat menjelaskan berapa jumlah pupuk bersubsidi yang diberikan pusat ke Bengkulu pada 2012 mendatang.

"Yang jelas, kita berharap kuota pupuk bersubsidi yang didapat Bengkulu pada 2012 lebih besar dari 2011 sebanyak 28.000 ton. Dengan demikian, kebutuhan pupuk petani kecil di Bengkulu dapat diatasi dengan baik," ujarnya.

Lain lagi untuk Kota Begkulu, Kadistan Kota Bengkulu, Arif Gunadi, punya harapan agar suplai pupuk bersubsidi di kotanya itu pada 2012 meningkat dari tahun sekarang, sekitar 3.000 ton.

"Kami minta pada 2012 jatah pupuk bersubsidi Kota Bengkulu dapat ditingkatkan sehingga kebutuhan para petani kecil dapat diatasi dengan baik," ujarnya. (ANT-212)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011