Surabaya (ANTARA News) - Tim putra Surabaya Samator tidak akan diperkuat dua pemain intinya Ayip Rizal dan Affan Priyo dalam usahanya mempertahankan gelar juara Liga Bola Voli Divisi Utama di Bandung 11 hingga 18 Desember 2011.

Pelatih Samator Ibarsyah ketika ditemui di Surabaya, Rabu, mengungkapkan, Ayip Rizal yang berposisi "open spiker" dan Affan Priyo Wicaksono (quicker) pada Livoli musim ini dipinjamkan ke tim Mars Probolinggo, Jatim.

Padahal, kedua pemain tersebut adalah tulang punggung kekuatan Samator di ajang Livoli dan Proliga selama beberapa tahun terakhir, termasuk Timnas Indonesia pada SEA Games 2009 dan 2011.

Selain kedua pemain itu, Samator kemungkinan besar juga tidak menyertakan pemain utamanya Adam (spiker), karena hingga kini belum seratus persen pulih dari cedera bahu kanan yang dialami sejak beberapa bulan lalu.

"Praktis kekuatan Samator tidak sekuat seperti saat menjuarai Livoli tahun lalu. Kali ini kami lebih banyak mengandalkan tenaga pemain-pemain muda," kata Ibarsyah.

Di antara 12 pemain yang rencananya berangkat ke Bandung pada Jumat (9/12), hanya beberapa pemain yang tercatat senior, yakni Bagus Wahyu Ardiyanto (setter), Machfud Nurcahyadi, Veleg Dhani (libero), dan Joni Sugiyatno.

Selebihnya adalah pemain-pemain muda, seperti Febryanto Endar, I Putu Randu, Samsul Khohar, Faisal Arifin, dan M Mirza.

"Joni masih kami bawa hanya sebagai pelapis dan pendamping bagi atlet juniornya," ujar Ibarsyah yang juga asisten pelatih Timnas Voli Indonesia di SEA Games 2011.

Dengan kekuatan yang ada saat ini, Ibarsyah mengakui bahwa peluang anak asuhnya untuk mempertahankan gelar juara Livoli tahun ini sangat berat.

Selain dua tim Jatim yakni Mars Probolinggo dan Indomaret Sidoarjo, pesaing berat Samator juga datang dari Yuso Yogyakarta dan PLN Jakarta.

"Target awal kami bisa masuk empat besar dulu, setelah itu mengatur strategi untuk menembus final. Persiapan anak-anak sudah maksimal dan mereka siap tempur," tambah Ibarsyah.

(D010/T009)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011