Jakarta (ANTARA) - PT Mandiri Tunas Finance (MTF), perusahaan multifinance anak usaha bank BUMN PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, mengungkapkan bahwa peringkat obligasinya naik dari "idAA+" menjadi "idAAA" dengan outlook stabil.

Peningkatan rating obligasi MTF berdasarkan penilaian PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) ini merupakan pencapaian terbaik MTF setelah sebelumnya selama lima tahun terakhir mendapatkan peringkat "idAA+".

"Ini merupakan salah satu prestasi yang diperoleh MTF, karena dalam 5 tahun terakhir mendapatkan peringkat 'idAA+' dan tahun ini melesat menjadi peringkat 'idAAA/stable'. Kami akan terus berkomitmen dalam menjaga dan mempertanggung jawabkan hasil rating tersebut ke depannya," kata Direktur Utama MTF Pinohadi G Sumardi dalam pernyataannya, Kamis.

Baca juga: MTF selenggarakan bursa karier dan cetak rekor MURI

Sementara Direktur Keuangan MTF R Eryawan Nurhariadi mengharapkan MTF bisa terus menjaga dan meningkatkan kepercayaan para stakeholder dan shareholder. "Kami juga berkomitmen untuk terus menjaga kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik ke depannya.

Naiknya peringkat MTF menjadi "idAAA/stable" dikarenakan adanya dukungan Bank Mandiri (Persero) sebagai pemegang saham pengendali yang tercermin melalui peningkatan dari segi joint finance dan kolaborasi bisnis serta dukungan dari PT Tunas Ridean Tbk.

Hal tersebut menjadikan PT Mandiri Tunas Finance memiliki posisi bisnis yang sangat kuat di industri pembiayaan otomotif. Dukungan dari induk perusahaan tersebut menjadikan MTF memiliki likuiditas serta fleksibilitas keuangan yang kuat.

Obligor berperingkat "idAAA" merupakan peringkat tertinggi yang diberikan PEFINDO. Kemampuan MTF untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, relatif terhadap obligor Indonesia lainnya adalah superior. Peringkat ini berlaku untuk periode 9 Mei 2022 sampai dengan 1 Mei 2023.

"MTF terus bertekad menjadi perusahaan multifinance terdepan dengan berbagai strategi dan selalu berusaha menjalankan komitmen untuk terus memberikan performance yang terbaik. Dengan naiknya rating MTF dari Pefindo di tahun 2022 ini, semoga dapat terus menciptakan branding MTF yang positif serta meningkatkan kepercayaan dari para customer terhadap MTF," kata William Francis Indra selaku Direktur Sales & Distribution MTF.

Baca juga: Mandiri Tunas Finance raih dua penghargaan Top CSR Awards

Baca juga: MTF targetkan pembiayaan Rp150 miliar selama JAW 2022

Baca juga: Mandiri Tunas Finance tawarkan obligasi berkelanjutan tahun 2022
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022