Shizuoka (ANTARA News) - Toyota Motor Corp (TMC) akan meningkatkan pembelian komponen otomotif yang dibuat di Indonesia guna memperkuat struktur industri otomotif agar Indonesia menjadi basis produksinya.

"Kami sedang berpikir untuk meningkatkan kegiatan sumber-sumber komponen lokal, dengan membeli dari pemasok lokal," kata Eksekutif Wakil Direktur Utama TMC Takeshi Uchiyamada, di Gotemba, Shizouka, Jepang, Jumat malam waktu setempat.

Hal itu dikemukakannya saat menerima sejumlah wartawan Indonesia di sela-sela makan malam dengan sekitar 80 jurnalis dari 13 negara.

Uchiyamada mengatakan Toyota ingin membantu Indonesia mengembangkan para pemasok suku cadang lokal guna mendukung ekspansi produksi otomotifnya di Indonesia.

"Kami ingin membantu anda (Indonesia) meningkatkan kemampuan pemasok komponen lokal agar Indonesia bisa menjadi basis produksi, bukan hanya sekedar mengembangkan pabrik perakitan," katanya.

Saat ini, kata Uchiyamada, Grup Toyota memiliki pertumbuhan bisnis yang kuat di Indonesia dengan dikembangkannya Daihatsu sebagai basis produksi mobil terbesar, setelah Jepang. Daihatsu adalah anak perusahaan Grup Toyota.

Selain Daihatsu, kata dia,Toyota juga memiliki produksi mobil di Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan telah berinvestasi untuk menambah kapasitas pabrik tersebut hingga mencapai 180 ribu unit mobil pertahun, tapi belum berpikir tentang produksi baru.

"Kami belum berencana memproduksi mobil baru," ujarnya.

General Manager Perencanaan Pemasaran PT TAM Widyawati Soedigdo, yang mendampingi wartawan Indonesia ke ajang Tokyo Motor Show, mengatakan pernyataan Uchiyamada itu mempertegas komitmen Toyota untuk bekerja sama dengan mitra lokal.

"Bila Indonesia memiliki basis pemasok komponen mobil yang kuat, maka mobil apapun yang akan dibuat di Indonesia, akan lebih bisa bersaing," ujar Widyawati.(*)

R016/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011