Tokyo (ANTARA News) - 53 mobil baru  diperkenalkan pada dunia ditampilkan pada ajang Tokyo Motor Show ke-42 selama 30 November - 11 Desember 2011.

Ketua Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) Toshiyuki Shiga dalam siaran pers di Tokyo, Rabu, menyebutkan terdapat 82 mobil baru yang diperkenalkan pertama kali di Jepang.

Toyota memperkenalkan lima kendaraan seperti mobil konsep Fun-Vii, mobil sport kompak dengan penggerak roda belakang, mobil sedan konsep berbahan bakar hidrogen FCV (fuel-cell vehicle) - R, di samping mobil untuk diluncurkan di Jepang yaitu prius plug in-hibrid.

Produsen dari Jepang lainnya yang memperkenalkan mobil konsep antara lain adalah Suzuki Regina, EV Hibrid, dan Q concept. Kemudian Daihatsu dengan Pico, D-X, dan FC sho case, Honda AC-X dan Micro commuter.

Produsen non-jepang, seperti BMW Alpina meluncurkan B3GT3 yang hanya diproduksi sebanyak 99 unit di dunia, Audi dengan A1 sportback, dan Volkswagen dengan Passat Alltrack yang ditargetkan mulai dijual pada 2012.

TMS diikuti oleh oleh 179 peserta dari 12 negara dan satu kawasan.

Semua produsen mobil Jepang yang mencapai 14 perusahaan dari 15 merek ikut berpartisipasi ajang tersebut. Selain itu ada 26 produsen otomotif non-Jepang terutama dari eropa dengan 15 merek juga ikut memamerkan produk mereka.

TMS ke-42 tersebut mengambil tema "Mobility can change the word." Tema tersebut diambil sebagai bentuk kepedulian produsen otomotif, bagaimana mengatasi masalah lingkungan dan energi melalui teknologi terdepan dalam otomotif.
(R016)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011