Wenchang, China (ANTARA) - China meluncurkan wahana antariksa kargo Tianzhou-4 pada Selasa (10/5) untuk mengirimkan pasokan ke stasiun luar angkasa milik China yang dijadwalkan akan merampungkan proses konstruksinya tahun ini.

Roket Long March-7 Y5, yang membawa wahana antariksa kargo Tianzhou-4, meluncur dari Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang di Hainan, provinsi pulau di China selatan, kata Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA), seperti dilansir Xinhua, Selasa. 

Seperti beberapa penerbangan wahana antariksa kargo sebelumnya, Tianzhou-4 mengangkut tiga kategori pasokan, mencakup perlengkapan kebutuhan hidup enam bulan bagi para astronaut, suku cadang untuk pemeliharaan stasiun ruang angkasa, serta peralatan penelitian ruang angkasa, ujar Kepala Perancang Wahana Antariksa Kargo Tianzhou dari Akademi Teknologi Luar Angkasa China Bai Mingsheng. 
 
Roket Long March-7 Y5, yang membawa wahana antariksa kargo Tianzhou-4, meluncur dari Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang di Provinsi Hainan, China selatan, pada 10 Mei 2022. (Xinhua/Guo Cheng)



Nantinya, Tianzhou-4 akan berlabuh (docking) dengan kombinasi modul inti stasiun luar angkasa Tianhe dan wahana antariksa kargo Tianzhou-3, papar CMSA.

Pada 20 April lalu, Tianzhou-3 melepaskan diri dari tambatan bagian belakang (rear docking) Tianhe dan melakukan dockingpada bagian depan modul. CMSA mengatakan bahwa kombinasi Tianhe dan Tianzhou-3 dalam kondisi baik. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022