Bandung (ANTARA News) - Mekanik-mekanik terbaik Yamaha pada hari Minggu di Bandung adu kemampuan dalam  final ITGP (Indonesia Technician Grand Prix) .

"Sisi baik dari ajang ini adalah akan diterapkan di negara-negara lain tempat Yamaha berada," kata Hiroshi Kimura, general manager service division Yamaha Motor Corporation dalam acara yang berlangsung di  Cihampelas walk Bandung tersebut.

Mekanik-mekanik yang mengikuti kompetisi tersebut telah melewati tahap seleksi berupa kompetisi tingkat regional. Dalam adu keterampilan tersebut, keluar sebagai pemenang  pertama adalah Sustrisna Beni dari bengkel Sumber Baru Motor 44 Yogyakarta  yang akan mengikuti kontes di Jepang.

Pemenang urutan dua adalah  Martinus Dirga dari bengkel Mataram Sakti Bawen dan juara ke-3 adalah Mujianto bengkel Timbul Jaya Motor Kediri.

Kategori Best Theory dimenangi Sugeng Riadin dari Yamaha FSS Bandung, kategori Best practice Uam Hamdani dari Surya Putra Motor dan Best Customer Service diraih Ahsan Lutfi Yamaha FSS Semarang .

Yamaha ITGP digelar setiap tahun dengan tujuan meningkatkan kualitas dan motivasi para teknisi agar semakin mampu memberikan perbaikan dan perawatan  terbaik sekaligus terus berkembang seiring perkembangan teknologi.

ITGP  tingkat nasional telah dilaksanakan sebanyak 11 kali sejak tahun 2000. ITGP tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-12.

Yamaha ITGP 2011 dimulai sejak agustus lalu, dengan  penyaringan tahap awal terhadap seluruh teknisi Yamaha untuk dipilih menjadi 900 teknisi yang akan berkompetisi pada tahap kedua.

Tahap kedua ini merupakan ITGP tingkat regional yang dilakukan di masing-masing wilayah. Hasil  kontes tingkat regional tersebut didapatkan 48 teknisi terbaik untuk selanjutnya berkompetisi ditingkat nasional pada 26-27 November 2011.

Kompetisi itu memperebutkan  hadiah uang  total Rp.18 juta  dan bagi juara pertama akan dipersiapkan menjadi duta Indonesia dalam kontes teknisi tingkat dunia atau World Technician Grand Prix di Jepang pada tahun 2012.

Indonesia telah mengikuti event tersebut sejak tahun 2003. Dan pada tahun 2007,Dewa Putu Guna Wirawan teknisi asal Bali dan Djarot Imam Kristanto asal klaten Jawa tengah yang berhasil meraih juara pertama dan ketiga dalam ajang kontes teknisi tingkat dunia itu.
(yud)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011