Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) menargetkan penguasaan sekitar 55 persen pasar sepeda motor di Indonesia pada 2012.

"Pada Januari sampai Oktober distribusi kami telah mencapai 3,606 juta unit atau menguasai 52 persen pasar, yang melampaui distribusi (penjualan) tahun lalu sebesar 3,416 juta unit. Target kami tahun ini menguasai 53 persen pasar dan kami percaya itu bisa dicapai," ujar Presdir AHM Yusuke Hori, pada deklarasi penggunaan fuel injection di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada Januari-Oktober 2011, penjualan sepeda motor telah menembus angka sekitar 6,909 juta unit. AHM memperkirakan sampai akhir tahun penjualan sepeda motor di Indonesia menembus angka di atas delapan juta unit.

Hori memperkirakan pada 2012 permintaan sepeda motor masih akan meningkat di Indonesia. Menurut dia, bila dampak krisis di Eropa sangat besar di Indonesia, maka permintaan sepeda motor akan mencapai 8,4 juta unit dan bila dampak krisis tersebut kecil pengaruhnya terhadap Indonesia, maka permintaan akan mencapai 8,7 juta unit.

"Dengan target penguasaan pasar sebesar 55 persen tahun depan, maka penjualan AHM diproyeksikan mencapai 4,6 juta sampai 4,8 juta unit," ujar Hori.
(R016)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011