Jakarta (ANTARA News) - Saat ini sistem operasi Microsoft Windows memiliki 40.000 aplikasi, para pengamat independen menunjukkan aplikasi itu sangat berguna untuk mendukung ponsel pintar terbaru Nokia Lumia 800.

Laman All About Windows Phone mengklaim saat ini ada 40.189 aplikasi di Windows Phone Marketplace, dan 165 item ditambahkan tiap harinya. Lebih dari dua pertiga aplikasi adalah gratis, dan ada aplikasi tambahan berbayar sekitar sembilan persen dengan percobaan gratis.

Sayangnya, jumlah aplikasi Apple lebih banyak pada toko aplikasi Apple App Store yang saat ini memiliki lebih dari 500.000 aplikasi dan telah melayani lebih dari 18 miliar pengunduhan.

Bagaimanapun juga, Microsoft mulai menawarkan Windows Phone Marketplace lebih awal yaitu setahun lalu. Apple mengklaim memiliki jumlah aplikasi lebih banyak di banding toko aplikasinya lainnya. Saat ini toko aplikasi Google Android Market menawarkan aplikasi sekitar 400.000.

Untuk mendongkrak aplikasi Windows Phone yang sedang mengembangkan pasar dan menunjang handset baru Nokia baru Lumia, Microsoft menggandeng sekitar 10.731 pengembang untuk menciptakan aplikasi baru.

Dari 40.198 aplikasi yang dipublikasikan, lebih dari 5.500 ditarik atau dihapus. Berdasarkan variasi ketersediaan, AS memiliki lebih banyak ketersediaan aplikasi sekitar 33.950 lalu diikuti Inggris dengan 32.332 aplikasi .

Umumnya aplikasi didominasi permainan, buku-buku dan referensi-referensi, peralatanan atau hiburan. (adm)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011