Hefei (ANTARA) - Teknologi ilmiah memberikan kontribusinya sendiri dalam upaya melawan COVID-19.

Mengingat keunggulan inovatifnya, Kota Hefei, ibu kota Provinsi Anhui, China timur, menggunakan perangkat ilmiah dan teknologi untuk membantu mencegah dan mengendalikan epidemi.

Peluncuran peralatan baru seperti sistem verifikasi kode kesehatan dan robot-robot pencegahan epidemi tidak hanya mengurangi beban para pekerja garis depan, tetapi juga meningkatkan efektivitas upaya pencegahan penyakit tersebut.

Serangkaian sistem kontrol akses cerdas digunakan di pintu masuk sebuah lokasi konstruksi di Hefei, yang mengintegrasikan sistem pengenalan wajah, pengukuran suhu tubuh cerdas, autentikasi identitas, kode kesehatan, dan verifikasi laporan tes asam nukleat.

Orang-orang dapat menunjukkan wajah atau kartu identitas mereka ketika melewatinya, dan sistem tersebut akan menyelesaikan proses verifikasi semua informasi terkait.

Robot cerdas pengukur suhu tubuh yang juga dapat membersihkan lantai dan melakukan disinfeksi telah digunakan untuk upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19. Robot tersebut tidak hanya memiliki termometer inframerah untuk mengukur suhu tubuh dari kejauhan, tetapi juga dilengkapi kemampuan kognitif dan navigasi guna melakukan disinfeksi keliling titik tetap (fixed-point) dan multijalur (multi-track).

Teknologi-teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), mahadata, dan komputasi awan telah banyak digunakan dalam upaya pencegahan varian Omicron dan telah memainkan peran penting dalam mengurangi kontak tatap muka dan memutus rantai penularan.

Diproduksi oleh Xinhua Global Service
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022