Jakarta (ANTARA News) - Tim layar Indonesia hanya berhasil meraih satu medali emas dari target dua medali pada ajang SEA Games ke-26 kali ini melaui kelas Mistral OD putri, yang berhasil diraih oleh Rio Hoiriyah.

"Saya sangat senang bisa mempersembahkan emas, saya berusaha sangat keras saat perlombaan tadi," kata Rio.

Rio mengatakan bahwa dia harus bersaing ketat dengan atlet asal Thailand, Napalai Tansai, pada beberapa race terakhir.

"Atlet Thailand memang memberikan perlawanan yang sangat keras, namun saya tidak putus asa dan terus berusaha, dan akhirnya saya bisa meraih medali emas," tambah Rio.

Rio berhasil meraih medali emas dengan total nilai 15 dengan berada pada posisi pertama sebanyak pada sembilan race dari sepuluh race yang dilombakan. Tepat berada dibelakang Rio adalah Napalai Tansai dengan total nilai 18.

Sementara posisi ketiga diisi oleh atlit Singapura, Amanda Ling Kai Ng, dengan total nilai 33.

Indonesia juga meraih dua medali perak melalui I Nyoman Suartana pada kelas RSX pria dan I Gusti Made Oka Sulaksana di kelas Mistral OD putra, serta satu perunggu dari Ratiah di kelas RSX putri.

Pada kelas RSX putra, medali emas berhasil diraih oleh atlet Thailand, Ek Boonsawad dan medali perunggu jatuh ke tangan Leonard Ong asal Singapura, dan untuk kelas RSX putri, medali emas jatuh ke Siripon Kaewduang-Ngam asal Thailand, dan medali perak diterima oleh atlet Singapura, Audrey pei Lin Yong.

Sementara itu, manajer timnas layar Indonesia, Subiyanto, mengatakan bahwa ini hasil yang maksimal, namun dia enggan berkomentar terkait gagalnya Oka dalam memperoleh medali emas di SEA Games ke-26 kali ini.
(SDP11)


Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011