Nusa Dua (ANTARA News) - Maskapai penerbangan nasional Lion Air dan Boeing mencapai kesepakatan jual beli 201 unit pesawat B-737MAX dan 29 unit Boeing-737-900ERs Next Generation senilai 21,7 miliar dolar AS.

Penandatangangan kesepakatan jual beli itu dilakukan Presiden Direkur Lion Air Rusdi Kirana dan CEO Boeing Jim Albaugh di Grand Hyatt Nusa Dua Bali, Jumat dengan disaksikan Presiden Barack Obama.

"Saya mengucapkan selamat kepada Lion Air untuk keberhasilan mereka yang luar biasa. Saya juga menyampaikan selamat kepada Boeing untuk pesawat yang luar biasa termasuk yang saya gunakan," kata Obama dalam pernyataan pers Gedung Putih.

Penandatangan kerjasama ini bertepatan dengan penyelenggaraan KTT ke-6 Asia Timur yang dihadiri para pemimpin dari 18 negara termasuk Amerika Serikat.

Menurut Obama, transaksi ini merupakan contoh luar biasa dari peluang perdagangan investasi dan bisnis di kawasan Asia Pasifik.

Obama menyebutkan pembelian pesawat Boeing oleh maskapai penerbangan Indonesia tersebut memberikan kembali kesempatan kerja kepada warga Amerika Serikat.

Perjanjian pembelian oleh Lion Air ini merupakan proyek terbesar dalam sejarah pabrik pembuat pesawat yang berada di Seattle AS ini. (R017/R013)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011