Depok (ANTARA News) - Atlet anggar Indonesia mendapatkan dua medali perak pada SEA Games ke-26 hari pertama pertandingan anggar di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Manejer Pertandingan cabang anggar, Khairuman, di Depok, Minggu, mengatakan bahwa dua perunggu itu diraih Muhammad Haerullah mengunakan senjata degen putra perorangan dan Diah Permatasari dengan senjata sabel putri perorangan.

"Hanya dua medali perak yang dapat kami persembahkan hari ini, semoga hari berikut perolehan itu terus bertambah," katanya.

Menurut dia, upaya yang dilakukan kedua atlet itu sudah yang terbaik, maka apapun hasilnya harus diterima dengan lapang dada.

Dia mengemukakan, perolehan medali untuk cabang anggar hari pertama degen putra yakni medali emas oleh Yoshua A Koh I Jie dari Malaysia, perak, Haerullah (Indonesia), perunggu secara bersama Chamcharern Pant (Thailand) dan Nguyen Tien Nhat (Vietnam).

Untuk senjata sabel putri, medali emas diraih Nguyen Thi Ledong (Vietnam), perak, Diah Permatasari (Indonesia), perunggu Nguyen Thi Thant Loam (Vietnam) dan Starrat Sirawalai (Thailand).

Sebelumnya, untuk cabang anggar diikuti tujuh negara yang ikut berlomba yakni Indonesia, Vietnam, Singapura, Thailand, Brunai Darussalam, dan Filipina memperebutkan 12 medali emas.

Pertandingan anggar SEA Games ke-26 diikuti sebanyak 137 atlet, yang terdiri dari Indonesia sebanyak 24 peanggar, Singapura (20), Malaysia (19), Brunai Darussalam (3), Vietnam (24), Thailand (24), dan Filipina (23).

Bahkan, tim anggar Indonesia yang diturunkan untuk senjata floret putra masing-masing Sinatrio Raharja (Jateng), Ricky Hafidz (Kaltim), Hendrawan Susanto (Sumsel) dan Aditya Baskara (DKI Jakarta), untuk floret putri yakni Verdiana Rihandini (Kalbar), Cut Risna Arita (Aceh), Inca Mayasari (DKI Jakarta) dan Chintya Anreiny Pua (Sulut).

Selain itu, untuk senjata degen putra masing-masing Budi Darmanto (Jabar), Muhammad Haerullah (Sulsel), Cucu Sundara (Jabar), Indra Jaya Kesuma (DKI Jakarta), degen putri yakni Isnawati Sir Idar (Sulsel), Dian Eka Pertiwi (Jabar), Dian Rahmawati (Sumut) dan Ikah Sarikah (Jabar).

Atlet lain yang diturunkan senjata sabel putra masing-masing Rully Mauliadhani (Sumsel), Idon Jaya Wiguna (Jabar), Hendri Eko Budianto (Sumsel) dan Jamaludin (Jatim), serta sabel putri yakni Diah Permatasari (Jatim), Maria Wauran (Jatim), Reni Anggraeni (Sumsel) dan Amelia Noerliyami (Jabar).(U.A047)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011