Palembang (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Jumat malam pukul 19.00 WIB dijadwalkan akan membuka Sea Games ke-26 di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Kepala Negara yang didampingi Ani Yudhoyono telah berada di Palembang sejak Kamis (10/11) menyempatkan diri untuk menyaksikan gladi bersih pembukaan pesta olahraga se-Asia Tenggara itu.

Turut serta dalam rombongan Presiden antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

Pembukaan Sea Games ke-26 bertema "Harmony in Victory" berdurasi sekitar tiga jam diawali dengan pagelaran kolosal kesenian selama satu jam di tengah lapangan Stadion Utama Gelora Sriwijaya.

Pagelaran kesenian itu terbagi atas lima babak, yaitu The Journey Begins, Musi: The Heart of the City, dan Sriwijaya: The Golden Peninsula, yang menceritakan sejarah Kerajaan Sriwijaya, serta Merajut Nusantara, dan Meraih Impian.

Setelah pagelaran kesenian, Agnes Monica akan tampil di panggung untuk mengumandangkan lagu Sea Games berjudul "Together We Will Shine."

Setelah itu, dipertunjukkan parade atlet peserta Sea Games yang terdiri atas 400 orang atlet melakukan defile ke tengah lapangan.

Puncak acara pembukaan adalah kedatangan api Sea Games ke-26 yang telah diarak mengelilingi beberapa provinsi Indonesia sejak 23 Oktober 2011. Api itu akan dibawa oleh Alan Budikusuma dan Yayuk Basuki untuk diserahkan kepada Susy Susanti yang akan menyalakan kaldron Sea Games ke-26.

Pembukaan Sea Games ke-26 akan ditutup dengan persembahan lagu "United & Rising" karangan Presiden Yudhoyono yang khusus diciptakan untuk pembukaan Sea Games oleh Joy Tobing dan pesta kembang api.

Sebelum membuka Sea Games ke-26, Presiden Yudhoyono direncanakan pada pukul 14.00 WIB meninjau fasilitas dan meresmikan Kompleks olahraga Jakabaring seluas 325 hektar yang terluas di Asia Tenggara itu.
(D013)



Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011